Optimalisasi dakwah melalui kegiatan Khitobah Masjid : Studi deskriptif di Masjid Al-Furqon Bugel Girang Desa Neglasari Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung

Fadlilah, Sarah Aulia (2023) Optimalisasi dakwah melalui kegiatan Khitobah Masjid : Studi deskriptif di Masjid Al-Furqon Bugel Girang Desa Neglasari Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy

Abstract

Masjid Al-Furqon merupakan salah satu masjid yang tujuan didirikannya murni hanya menjadi wadah untuk berkontribusi dan mendapatkan informasi, terutama mengenai ilmu Agama, khususnya ditujukan bagi orang tua lanjut usia yang mengabdikan sebagian besar waktu mereka untuk pekerjaan amal. Visi Masjid Al-Furqon adalah untuk menciptakan lingkungan di mana persaudaraan Islamiyah dan hubungan yang erat antara umat Islam dapat terbentuk berdasarkan ajaran Al-Qur'an dan As-Sunnah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode tabligh khițabah di Masjid Al-Furqon dalam kegiatan-kegiatan kajian rutin yang mereka adakan serta untuk menganalisis bagaimana proses dan upaya yang dilakukan oleh Masjid Al-Furqon dalam mengoptimalkan kegiatan tabligh khiţabah. Penelitian ini menggunakan teori optimalisasi, optimalisasi adalah suatu tindakan, proses atau metodologi untuk membuat sesuatu (sebagai sebuah desain, sistem, atau keputusan) menjadi lebih sempurna, fungsional, atau lebih efektif Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan metode serta proses Masjid Al-Furqon dalam mengoptimalkan kegiatan tabligh khiţabah, paradigma yang digunakan yaitu kontruktivisme, serta Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada otonom Pimpinan Jama’ah Persatuan Islam Istri Bugel Girang beserta jajarannya. Hasil dari penelitian Optimalisasi Dakwah Melalui Kegiatan Khiţabah Masjid yaitu sebagai berikut: 1) Metode tabligh khiţabah yang digunakan oleh Masjid Al-Furqon ini mencakup beberapa prinsip. Prinsip-prinsip tersebut dicantumkan dalam surat al-Nahl ayat 125, yaitu: kebijaksanaan (al-Hikmah), nasihat yang baik (al-mauidzah al-hasanah), dan dialog yang baik (al-mujadalah alahsan). Dalam pelaksanaannya, para muballigh Masjid Al-Furqon menggunakan beberapa metode seperti ceramah, tanya jawab dan diskusi. 2) Proses tabligh khiţabah yang dilakukan oleh Masjid Al-Furqon ialah memotivasi anggota supaya memiliki simpati dan ketertarikan tersendiri untuk menghadiri setiap kegiatan kajian rutin yaitu salah satunya dengan mencontohkan akhlak yang baik dan memberikan penyajian materi yang berkesinambungan kepada para anggota jama’ahnya. 3) Hasil dari kegiatan tabligh khiţabah yang dilakukan oleh Masjid Al-Furqon ialah bentuk pemanfaatan ilmu agama dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Tabligh; Masjid;
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sarah Aulia Fadlilah
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:04
Last Modified: 18 Sep 2023 03:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77682

Actions (login required)

View Item View Item