Suiza, Annisa Anggraeni (2023) Kampanye Public Relations acara Jakarara melalui akun Instagram @disbudparkotacirebon dalam upaya menginformasikan kepada masyarakat Kota Cirebon : Studi analisis deskriptif pada Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER (1).pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (1).pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II (1).pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III (1).pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV (1).pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
Abstract
Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon melihat kurangnya kesadaran dari Masyarakat Kota Cirebon khususnya para generasi mudanya. Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon melalui bidang pariwisata dan bidang Pusat Informasi Budaya dan Pariwisata (PIBP) mengurus masalah tersebut melalui sebuah gerakan kampanye acara Jakarara melalui Instagram. Penelitian ini berguna untuk menjelaskan proses kampanye public relations yang dilakukan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon melalui akun Instagram @disbudparkotacirebon. Peneliti mendeskripsikan proses kampanye dimulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga proses evaluasi kampanye. Penelitian ini mempunyai konsep dengan menggunakan model kampanye Ostergaard dengan paradigma yang digunakan yaitu paradigma konstruktivisme melalui metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang kampanye public relations acara Jakarara lewat Instagram @disbudparkotacirebon yang dilakukan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon sudah melalui tiga proses utama, 1) proses perencanaan dengan melakukan koordinasi dengan pihak eksternal, menentukan persyaratan peserta Jakarara, dan menentukan pesan kampanye dan media kampanye. 2) proses pelaksanaan kampanye dengan pembuatan konten Instagram dan melakukan sosialisasi langsung. 3) proses evaluasi kampanye dengan mendengarkan pendapat publik dan melakukan evaluasi internal. Kegiatan kampanye lewat Instagram berhasil menarik kurang lebih 70 orang yang mendaftarkan diri untuk acara Jakarara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon telah menerapkan model kampanye Ostergaard pada saat melaksanakan kampanye public relations acara Jakarara melalui Instagram @disbudparkotacirebon
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye Public Relations; Jakarara; Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Annisa Anggraeni Suiza |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 05:55 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 05:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77688 |
Actions (login required)
View Item |