Bimbingan Islam dalam meningkatkan perilaku sosial Keagamaan masyarakat Pesisir Pantai: Penelitian di DKM Masjid Al-Ikhlas Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu

Salsabilah, Mega (2023) Bimbingan Islam dalam meningkatkan perilaku sosial Keagamaan masyarakat Pesisir Pantai: Penelitian di DKM Masjid Al-Ikhlas Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat pesisir dengan faktor ekonomi dan lingkungan memiliki karakteristik yang berbeda dengan masyarakat lainnya. Mereka memiliki karakteristik ulet, berwatak keras, dan boros, karena ada anggapan bahwa sumber daya perikanan diambil begitu saja dari laut. Masyarakat pesisir lebih banyak menghabiskan waktu di laut berdampak pada minimnya perilaku sosial keagamaan mereka. Bimbingan Islam hadir guna memahami ajaran Islam yang kemudian meningkatnya perilaku sosial keagamaan masyarakat pesisir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi perilaku sosial kegamaan masyarakat pesisir, program, proses pelaksanaan, serta hasil dari bimbingan Islam dalam meningkatkan perilaku sosial keagamaan masyarakat pesisir pantai di DKM Masjid Al-Ikhlas Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perubahan sosial yang menyatakan bahwa perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya nilai-nilai sikap-sikap dan pada perilaku di antara kelompok dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi guna mengungkapkan fakta-fakta yang terlihat di lapangan tentang bimbingan Islam dalam meningkatkan perilaku sosial keagamaan sosial masyarakat pantai di DKM Masjid Al-Ikhlas Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi masyarakat pesisir Desa Eretan Wetan kurang dalam hal perilaku sosial keagamaan karena faktor lingkungan dan ekonomi. Program bimbingan Islam dalam meningkatkan perilaku sosial keagamaan sosial masyarakat pantai di DKM Masjid Al-Ikhlas Desa Eretan Wetan memenuhi unsur-unsur bimbingan Islam. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perilaku sosial keagamaan masyarakat pesisir pantai. Hal tersebut terlihat pada peningkatan perilaku sosial keagamaan dalam masyrakat tersebut, seperti ibadah berjamaah, saling menghormati, gotong royong, santunan anak yatim, zakat, tahlilan, marhabanan, dan aktif mengikuti kegiatan keagamaan lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Perilaku Sosial Kegamaan; Perubahan Sosial; Masyarakat Pesisir.
Subjects: Islam
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process > Social Change
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mega Salsabilah
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:00
Last Modified: 18 Sep 2023 05:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77767

Actions (login required)

View Item View Item