Program komunitas dakwah untuk meningkatkan nilai-nilai sosial keislaman remaja muslimah

Khoirunnisa, Azzahra (2023) Program komunitas dakwah untuk meningkatkan nilai-nilai sosial keislaman remaja muslimah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Zaman yang sudah memasuki era globalisasi saat ini ternyata memiliki dampak buruk terhadap pergaulan remaja khususnya di Kota Bandung, sehingga diperlukan cara untuk memperbaiki dan membimbing moral mereka. Salah satu metode dakwah yang dinilai efektif dan bisa mengikuti perkembangan zaman yaitu melalui komunitas, karena saat ini telah banyak komunitas-komunitas yang berdiri atas kesamaan hobi atau tujuan sehingga hal ini membuktikan bahwa para remaja memang masih membutuhkan interaksi sosial di tengah perkembangan canggih gadget. Dan Annisa Community merupakan salah satu komunitas yang bergerak di bidang keagamaan dengan segmentasi dakwahnya remaja-remaja muslimah Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja nilai-nilai sosial keislaman yang dirasakan oleh anggota komunitas, sebagai bukti keberhasilan dari program-program Annisa Community yang telah digambarkan secara detail pada pembahasan sebelumnya. Penelitian ini berdasar pada teori komunikasi klasik SOR (Stimulus-Organism-Response) yang dicetuskan oleh Carl Iver Hovland (1953), dengan mengatakan bahwa proses komunikasi yang baik hanya berhasil ketika adanya reaksi dari organism (komunikan). Untuk mewujudkan hal tersebut, maka stimulus (pesan) yang disampaikan harus berkualitas dan berasal dari sumber terbaik, sehingga bisa menimbulkan response (respon/reaksi). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan secara detail dan mendalam mengenai program-program Annisa Community dalam bentuk narasi, dengan cara observasi langsung agar terlibat dalam kegiatannya serta mewawancarai tujuh informan untuk mengetahui keberhasilan program. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu terlaksananya program-program Annisa Community yang terdiri dari Share Eat, Hafidz dari Desa, dan Kajian Promise. Keberhasilan program tersebut dirasakan oleh anggota komunitas berupa nilai-nilai sosial keislaman yang berhasil mempengaruhi kehidupan mereka menjadi lebih baik. Terdapat 5 (lima) faktor pendukung dalam pelaksanaan program meliputi ketepatan waktu program, penggunaan metode dakwah dengan asas kekeluargaan, kehadiran volunteer di setiap program, antusiasme murid-murid di Kampung Candi dan banyaknya jamaah Kajian Promise. Selain itu, terdapat juga 4 (empat) faktor penghambat meliputi belum adanya legalitas yayasan, kesibukan anggota yang berbeda-beda, kurangnya transportasi pada program Hafidz dari Desa dan anggaran dana yang minim. Annisa Community rutin melakukan evaluasi untuk menyelesaikan dan pencarian solusi atas masalah-masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunitas; Program; Sosial Keislaman;
Subjects: Islam > Da'wah
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Azzahra Khoirunnisa
Date Deposited: 18 Sep 2023 10:17
Last Modified: 18 Sep 2023 10:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77780

Actions (login required)

View Item View Item