Pengembangan Desa Digital dalam meningkatkan sosial ekonomi masyarakat lokal : Penelitian di Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Jundulloh, Jundulloh (2023) Pengembangan Desa Digital dalam meningkatkan sosial ekonomi masyarakat lokal : Penelitian di Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena sosial tentang program pemberdayaan melalui pengembangan program desa digital. Masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan desa digital dalam meningkatkan sosial ekonomi masyarakat lokal di Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, bagaimana bentuk pengembangan desa digital dalam meningkatkan sosial ekonomi masyarakat lokal serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengembangan desa digital. Teori yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Teori Perubahan Sosial Talcott Parsons. Menurut Talcott Parsons, paradigma pada teori perubahan sosial membahas bagaimana masyarakat itu berubah serta proses yang terjadi pada perubahan tersebut. Adapun proses perubahan sosial yang dimaksudkan Talcott Parsons, lebih dikenal dengan skema AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration dan Latency Pattern Maintenance).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dalam menjelaskan sebuah realitas sosial pada fenomena mengenai pengembangan desa digital dalam meningkatkan sosial ekonomi masyarkat lokal di Desa Cibiru Wetan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kajian literatur. Sumber data primer didapat dari hasil penelitian dan data sekunder didapat dari dokumen-dokumen yang mendukung dengan Penelitian.Hasil Penelitian ini meliputi: 1) Proses pengembangan desa digital melalui sosialisasi, pembangunan infrastruktur, pelatihan, membuat inovasi dan menyediakan akses digital. 2) Bentuk pengembangan desa digital meliputi pelayanan informasi, pelayanan administrasi, membuka jaringan internal maupun eksternal, pemasaran digital, dan ruang komunitas digital. 3) Faktor yang mempengaruhi pengembangan desa digital meliputi kebijakan pemerintah, tersedianya infrastruktur digital, partisipasi dan pemanfaatan, pelatihan dan pendampingan. Adapun faktor penghambat adalah pola pikir sebagian masyarakat yang cenderung apatis dan tidak peduli dengan adanya program digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Desa Digital; Sosial; Ekonomi;
Subjects: Social Process > Social Change
Communities
Communities > Villages
Production, Industrial Economics > Other Extractive Industries
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Jundulloh Jundulloh
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:29
Last Modified: 18 Sep 2023 03:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77781

Actions (login required)

View Item View Item