Perencanaan strategis sistem informasi manajemen laboratorium Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Penelitian di Laboratorium Pendidikan Kimia, Laboratorium Pendidikan Fisika, dan Laboratorium Pendidikan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Yumawan, Restia Lasri (2023) Perencanaan strategis sistem informasi manajemen laboratorium Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Penelitian di Laboratorium Pendidikan Kimia, Laboratorium Pendidikan Fisika, dan Laboratorium Pendidikan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dunia yang semakin ketat disertai perkembangan dunia dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin maju, menuntut kita untuk beradaptasi sesuai dengan tuntutannya. Laboratorium perguruan tinggi negeri Islam sebagai salah satu penunjang akademik harus cepat beradaptasi dan mengadopsi digitalisasi akan memenangi persaingan di era Revolusi Industri 4.0. Berdasarkan observasi awal penelitian, diketahui bahwa semua kegiatan yang menyangkut pengelolaan laboratorium pada Laboratorium Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung saat ini masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perumusan strategi sistem informasi manajemen laboratorium pendidikan kimia, laboratorium pendidikan fisika, dan laboratorium pendidikan biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui analisis internal dan eksternal laboratorium, analisis internal dan eksternal sistem informai laboratorium, serta analisis SWOT sistem informasi laboratorium, analisis intepretasi kebutuhan mendatang, dan perumusan portofolio aplikasi dengan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Hasil analisis strategis laboratorium pendidikan kimia, fisika, dan biologi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung menunjukkan faktor-faktor penting dalam lingkungan internal, termasuk sumber daya manusia yang kompeten, fasilitas dan infrastruktur yang memadai, sistem manajemen terorganisir, kebijakan dan prosedur yang terukur, serta dukungan keuangan yang memadai. Di sisi lingkungan eksternal, laboratorium beroperasi dalam lingkungan yang kompetitif, diatur oleh regulasi dan kebijakan universitas dan pemerintah, dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, perubahan sosial dan demografis, serta faktor ekonomi dan pasar. Analisis juga mengungkapkan kebutuhan akan sistem informasi yang lebih baik, termasuk sistem informasi perguruan tinggi, fakultas, dan program studi yang saat ini telah ada. Strategi sistem informasi laboratorium dapat difokuskan pada pengembangan sistem informasi laboratorium, akademik, evaluasi kinerja, data, dan kegiatan laboratorium, serta pengembangan sistem informasi lainnya seperti SDM, infrastruktur, perguruan tinggi, training center, eksekutif kerjasama, penjamin mutu, RnD, layanan masyarakat, kemitraan, dan sharing center.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Sistem Informasi Manajemen; Laboratorium
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restia Lasri Yumawan
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:47
Last Modified: 18 Sep 2023 03:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77810

Actions (login required)

View Item View Item