Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis Science Technology Engineering (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Nurwanti, Siti (2023) Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis Science Technology Engineering (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa tergolong masih rendah, khususnya pada mata pelajaran IPA karena masih banyak siswa yang kurang faham terkait materi yang disampaikan oleh guru, serta perilaku yang memperburuk hasil belajar, seperti kurangnya memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung karena terlalu banyak bercanda bersama teman dan sebagian siswa masih ada yang tidak mengerjakan tugas. Berdasarkan data dalam lampiran dari 25 siswa di kelas IV B MI Matla’ul Atfal masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan yaitu 75. Sedangkan nilai rata-rata siswa yaitu 73,74. Hal tersebut terlihat bahwa terdapat permasalahan dalam hasil belajar siswa kelas IV B MI Matla’ul Atfal dan banyak faktor yang mempengaruhinya seperti guru yang masih memberikan model atau pendekatan pembelajaran yang konvensional (teacher centered). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) hasil belajar sebelum menggunakan pendekatan STEM, 2) peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunakan pendekatan STEM setiap siklusnya, 3) Keterlaksanaan belajar IPA dalam proses pembelajaran STEM setiap siklusnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dirasa cocok dan efektif, karena penelitian ini difokuskan pada permasalahan pembelajaran yang timbul dalam kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV B MI Matla’ul Atfal sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan/tindakan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian sebelum menggunakan pendekatan STEM diperoleh nilai rata-rata 53,6 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 36%. Proses penerapan pendekatan STEM menunjukan adanya peningkatan aktivitas guru dari siklus I hingga siklus II. Persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar77,77% dan pada siklus II sebesar 94%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Persentasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69,23%, siklus II sebesar 92%. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan.Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 72,8 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 72%. Sedangkan pada siklus II rata-rata siswa sebesar 88,8 dengan persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 88%. Karena hasil siklus II sudah mencapai indikator ketuntasan belajar klasikal yang sudah ditentukan yaitu 85% maka dapat dikatakan siklus II telah berhasil dan penelitian dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran STEM;Hasil Belajar;IPA
Subjects: Knowledge
Education
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nurwanti
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:24
Last Modified: 18 Sep 2023 03:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77842

Actions (login required)

View Item View Item