Zamzami, Nabila Nur (2023) Konseling individu dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa berkepribadian Introvert : Penelitian di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan siswa-siswi di SMA Muhammadiyah 4 Bandung yang kurang dalam berinteraksi dengan teman-temannya. Siswa-siswi tersebut cenderung tertutup. Sehingga, dengan adanya fenomena tersebut maka diperlukannya bantuan yaitu konseling individu. Oleh karena itu, SMA Muhammadiyah 4 Bandung mengadakan program konseling individu kepada siswa yang memiliki permasalahan salah satunya adalah siswa yang kurang berinteraksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program, proses dan hasil dari konseling individu dengan pendekatan cognitive behavior therapy yang diberikan kepada siswa introvert untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Penelitian ini didasari oleh landasan pemikiran bahwa konseling individu dengan pendekatan cognitive behavior therapy dapat membantu konseli dalam memecahkan permasalahan yang berfokus pada pola pikir dan tingkah laku yang negatif menjadi positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang sesuai dengan temuan di lapangan dan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, wawancara tersebut terdiri dari wawancara langsung dan wawancara tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individu dengan pendekatan cognitive behavior therapy sudah mampu untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa introvert. hal ini ditunjukkan oleh persentase yang cukup baik berdasarkan setiap indikator introvert. keberhasilan konseling individu ini dilihat dari hasil responden bahwa danya perubahan dari setiap indikator dan siswa menyadari bahwa pentingnya untuk berinteraksi dengan teman-teman. Meskipun keberhasilan ini belum 100% tapi ada perubahan sedikit demi sedikit pada setiap individu siswa introvert.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Individu; Cognitive Behavior Therapy; Interaksi Sosial; Introvert |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Nabila Nur Zamzami |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:50 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77877 |
Actions (login required)
View Item |