Pengaruh stres terhadap kualitas hafalan santri Tahfidzul Qur'an: Studi kasus pada Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Babakan Ciwaringin Cirebon

Aripah, Moja Januba (2023) Pengaruh stres terhadap kualitas hafalan santri Tahfidzul Qur'an: Studi kasus pada Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Babakan Ciwaringin Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kondisi stres santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudltul Qur’an. Tuntutan lingkungan yang melebihi kapasitas seseorang dapat menjadi masalah datantangan bagi seseorang ketika mereka tidak yakin dengan kemampuan fisik, emosional dan psikologis mereka. Perpindahan lingkungan rumah ke pesantren juga menjadi ancaman bagi seseorang yang menjadikan mereka berada pada posisi tidak nyaman yang mengganggu fisik, mental, emosional dan psikologis mereka sementara pada sisi lain santri tersebut berada di pesantren tahfidz diharuskan untuk menghafal Al-Qur’an yang tidak dapat dihindari sekalipun mereka dalam kondisi tidak stabil secara emosional mereka harus tetap mempertahankan kualitas hafalannya tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kondisi stres, gambaran kualitas hafalan qur’an serta apakah terdapat pengaruh stres terhadap kualitas hafalan santri tahfidzul qur’an di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Babakan Ciwaringin Cirebon. Grand theory yang digunakan dalam pada variabel stres yaitu menurut Hans Selye (1950) adapun grand theory yang digunakan pada variabel kualitas hafalan santri tahfidzul qur’an yaitu menurut Mahmud Khalil Al-Husairi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dari hasil pengolahan data statistik. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 100% atau 50 santriwati. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui penyebaran angket kepada subjek penelitian yaitu santriwati tahfidzul qur’an pada pondok pesantren Roudlotul qur’an Babakan Ciwaringin Cirebon. Dalam pengolahan data penelitian ini yaitu dengan bantuan aplikasi statistik IBM SPSS ver. 23.0 for windows. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini dengan subjek penelitian sebanyak 50 santri, terdapat gambaran bahwa 70% santri berada pada kategori stres sedang. Adapun gambaran mengenai kualitas hafalan santri tahfidzul qur’an yaitu terdapat 68% yang berada pada kategori sedang. Melalui analisis regresi linear sederhana yang digunakan bahwa stres berpengaruh sebesar 63,1% terhadap kualitas hafalan santri tahfidzul qur’an. Adapun pengaruh yang dihasilkan yaitu pengaruh positif dari variabel X (stres) terhadap variabel Y (Kualitas Hafalan Santri Tahfidzul Qur’an) dalam hal ini menandakn bahwa terdapat faktor lain yang menjadi mediasi atau pendukung dalam meningkatnya kualitas hafalan santri tahfidzul qur’an seperti faktor motivasi yang didapat oleh santri baik dari dalam diri maupun dari luar serta adanya penghargaan atau apresiasi yang diterima oleh santri tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Hafalan Qur’an; Stres; Santri Tahfidzul Qur’an
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ
Philosophy and Theory of Literatures > Psychology of Literatures
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Moja Januba Aripah
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:38
Last Modified: 18 Sep 2023 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77883

Actions (login required)

View Item View Item