Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantu Platform Liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan

Arsyaniva, Shellamita (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantu Platform Liveworksheets terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan berpikir kritis siswa, menganalisis pengaruh model pembelajaran cooperative integrared reading and composition (CIRC) berbantu platform liveworksheets, serta mendeskripsikan respon siswa. Metode penelitian ini ialah quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group desain menggunakan sampel dengan masing-masing kedua kelas sebanyak 36 siswa. Keterlaksanaan pembelajaran siswa dan guru dengan dan tanpa menggunakan model CIRC berbantu platform liveworksheets diperoleh presentase 95% dan 94,1% (sangat baik). Kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran (CIRC) berbantu platform liveworksheets adalah 88,6 (tinggi) dengan rata-rata (N-Gain) sebesar 0,71 (tinggi), sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa tanpa model pembelajaran (CIRC) berbantu platform liveworksheets adalah 83,14 (tinggi) dengan rata-rata (N-Gain) sebesar 0,55 (sedang). Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig 0,001 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative integrared reading and composition (CIRC) berbantu platform liveworksheets berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran (CIRC) berbantu platform liveworksheets diperoleh nilai sebesar 85% (sangat baik) dan 80,9% (baik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Liveworksheets; Model Cooperative Integrated Reading And Composition; Perubahan Lingkungan
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Shellamita Arsyaniva
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:47
Last Modified: 18 Sep 2023 02:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77911

Actions (login required)

View Item View Item