Efektivitas penerapan metode Ummi melalui media youtube pada channel Munawar Hafiz terhadap kompetensi profesional Guru BTQ di MI Nurul Falah Bandung

Suryani, Dede (2023) Efektivitas penerapan metode Ummi melalui media youtube pada channel Munawar Hafiz terhadap kompetensi profesional Guru BTQ di MI Nurul Falah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Metode Ummi merupakan metode pembelajaran Al-Quran yang sedang berkembang dan sudah terbukti mampu memberikan kontribusi baik bagi anak-anak dalam membaca Al-Quran. Metode Ummi memiliki tiga sistem komponen dimana salah satunya ialah guru bersertifikasi metode Ummi. Maka menjaga kualitas mutu seorang guru dalam mempelajari metode Ummi merupakan bentuk dalam mempertahankan generasi Qurani. Oleh karena itu, Kualifikasi dari seorang pengajar metode Ummi idealnya sudah memiliki sertifikasi pengajaran metode Ummi, seperti halnya di MI Nurul Falah Kab. Bandung, dalam pelaksanaan proses penyeleksian seorang guru BTQ harus sudah bersertifikat metode Ummi dan kualitas mutu yang dimiliki harus sesuai dengan standar bacaan dalam metode Ummi. Sehingga dalam mengantisipasi hal tersebut, MI Nurul Falah melakukan pengembangan dan pembinaan secara berkelanjutan untuk dapat memelihara serta meningkatkan kualitas guru BTQ dalam kompetensi profesional. Penelitian ini membahas tentang bagaimana proses pelaksanaan pembinaan guru metode Ummi dan efektivitas dari penerapan metode Ummi melalui media youtube pada channel Munawar Hafiz terhadap kompetensi profesional guru BTQ di MI Nurul Falah Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan memperoleh data dari berbagai macam teknik pengumpulan, diantaranya seperti wawancara, analisis dokumen, dan dilakukan dengan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yaitu tahapan yang dilakukan dengan reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi atau pelaksanaan pembinaan penerapan metode ummi melalui media youtube pada channel Munawar Hafiz terhadap kompetensi profesional guru BTQ di MI Nurul Falah telah berjalan secara sistematis dan terlaksana dengan baik. Dan hasil dari pelaksanaan pembinaan guru Al-Quran metode Ummi di MI Nurul Falah dinyatakan sangat efektif untuk meningkatkan kompetensi profesional ustadz-ustadzah dalam menjaga metodologi pengajaran metode Ummi untuk dijadikan sebagai kekuatan guru yang bermutu di MI Nurul Falah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas metode Ummi; Kompetensi Profesional Guru;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Dede Suryani
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:56
Last Modified: 19 Sep 2023 02:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77912

Actions (login required)

View Item View Item