Pengelolaan Digital Public Relations pada media sosial Tiktok @disbudparbdg dalam upaya menjangkau Publik

Romli, Faiz Intifada Julian (2023) Pengelolaan Digital Public Relations pada media sosial Tiktok @disbudparbdg dalam upaya menjangkau Publik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Digital Public Relations pada era digital ini telah menjadi bagian yang melekat dari Praktisi PR pada saat ini, dimana dunia digital yang terus begitu maju dan dunia maya sudah menjadi wadah publik yang begitu masif terutama di media sosial yang memberikan banyak kemudahan dan keleluasaan informasi seperti TikTok. Media sosial TikTok menjadi salah satu media untuk membangun jembatan antar organisasi atau lembaga dengan publiknya dan juga untuk berkomunikasi secara tak terbatas. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata turut berpartisipasi dalam langkah Digital Public Relations ini yakni secara aktif mengelola media sosial TikTok @disbudparbdg. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan digital public relations pada media sosial TikTok @disbudparbdg melalui konsep The Circular Model Of Some yang dipelopori oleh Regina Luttrell yang terdiri dari membagikan (share), optimalisasi (optimize), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif secara intepretif. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui melalui teknik observasi partisipasi pasif, serta wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan digital public relations pada media sosial TikTok @disbudparbdg yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung memiliki empat tahapan yaitu: 1) Membagikan (Share) yaitu langkah Disbudpar Kota Bandung ikut berpartisipasi menggunakan media sosial untuk bisa terhubung dengan masyarakat guna membangun kepercayaan publik, 2) Optimalisasi (Optimize) yaitu upaya Disbudpar Kota Bandung memaksimalkan penyampaian informasi dengan membuat produksi konten yang proper serta pembentukan suatu karakter, 3) Mengelola (Manage) yaitu Disbudpar Kota Bandung melakukan media monitoring serta memperhatikan interaksi mereka dengan publik, 4) Melibatkan (Engage) yaitu upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung melibatkan publiknya sebagai bagian dari perencanaan komunikasi melalui media sosial TikTok @disbudparbdg. Berdasarkan hasil penelitian, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung telah melakukan pengelolaan digital public relations pada media sosial TikTok @disbudparbdg dan bisa menjadi referensi bagi pembaca dan peneliti selanjutnya dalam menerapkan pengelolaan digital public relations pada media sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Public Relations; TikTok; Pengelolaan
Subjects: Education, Research
Commerce, Trade
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Faiz Intifada Julian Romli
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:32
Last Modified: 18 Sep 2023 03:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77916

Actions (login required)

View Item View Item