Fauziah, Lulu Nur (2023) Pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantu Power Point terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia : Penelitian quasi eksperimental pada peserta didik kelas VIII MTs Maarif Cijulang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa pada materi system pencernaan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar, pengaruh hasil belajar dan respon siswa terhadap model pembelajaran Talking Stick Berbantu Power Point. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain penelitian two group design menggunakan dua kelas VIII A dan VIII B dengan subjek penelitian sebanyak 53 siswa. Hasil penelitian menunjukan rata-rata presentase keterlaksanaan aktivitas guru 97,3% dan aktivitas siswa 97,3% pada materi system pencernaan manusia. Data hasil belajar kelas eksperimen yaitu nilai pretest 50,1 dan posttest 90,7, sedangkan pada kelas kontrol yaitu nilai pretest 39,7 dan posttest 84,2. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 0,81 dan kelas kontrol 0,71. Respon siswa terhadap model pembelajaran Talking Stick berbentu Power Point menunjukan respon yang positif dengan nilai rata-rata 86.5%. maka dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbentu Power Point berpengaruh positif dan bersignifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi system pencernaan manusia dengan taraf signifikasi kelas eksperimen dan kelas kontrol bernilai 0.000 < 0.05, maka H0 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Sistem Pencernan Manusia; Talking Stick |
Subjects: | Education, Research Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lulu Nur Fauziah |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:49 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77919 |
Actions (login required)
View Item |