Nasywa, Sabila Fadhilatun (2023) Pengelolaan Online Public Relations melalui akun Instagram @humas_bandung: Studi deskriptif kualitatif pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (377kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung merupakan instansi yang berada di bawah naungan pemerintah Kota Bandung yang bertugas dalam melaksanakan urusan pemerintah daerah di bidang komunikasi, informatika dan hubungan masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya sebagai Humas Kota Bandung, Diskominfo memanfaatkan platform Instagram sebagai strategi online public relations untuk menyediakan informasi publik dan membentuk branding Kota Bandung. Instagram @humas_bandung merupakan akun resmi Diskominfo Kota Bandung yang saat ini sudah berstatus verified, bahkan sudah mendapatkan dua penghargaan, yaitu Pengelolaan Media Sosial Terbaik di Jawa Barat pada ajang Humas Jabar Award 2022 dan penghargaan Terbaik Kedua Kategori Media Sosial pada ajang Anugerah Media Humas ke-15 Tahun 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan-tahapan yang dilakukan Diskominfo Kota Bandung dengan menggunakan the circular model of SOME for media social communication dalam membagikan (share) konten, mengoptimalkan (optimize) pesan, mengelola (manage) informasi, dan melibatkan (engage) publik pada akun Instagram @humas_bandung sebagai bentuk kegiatan online public relation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan dan menguraikan secara detail mengenai suatu fenomena yang dikaji dengan teknik pengumpulan data: observasi partisipatori pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan online public relations melalui akun Instagram @humas_bandung dilakukan dengan empat tahapan: Pertama, Share (membagikan), yaitu upaya Diskominfo bergerak dalam menyebarkan konten dengan connect, participate, dan build trust. Kedua, optimize (mengoptimalkan), yaitu upaya Diskominfo memaksimalkan penyampaian pesan dengan menetapkan jadwal berdasarkan hari tematik dan menentukan isi konten. Ketiga, manage (mengelola), yaitu upaya Diskominfo mengelola infomasi yang ada dengan monitoring, quick responses, dan real-time interactions. Keempat, engage (melibatkan), yaitu upaya Diskominfo melibatkan publik dengan keikutsertaan publik dalam konten dan kolaborasi konten.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Public Relations; Instagram; Diskominfo Kota Bandung; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Sabila Fadhilatun Nasywa |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:52 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77936 |
Actions (login required)
View Item |