Pengelolaan Online Public Relations melalui akun Instagram @humas_bandung: Studi deskriptif kualitatif pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung

Nasywa, Sabila Fadhilatun (2023) Pengelolaan Online Public Relations melalui akun Instagram @humas_bandung: Studi deskriptif kualitatif pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung merupakan instansi yang berada di bawah naungan pemerintah Kota Bandung yang bertugas dalam melaksanakan urusan pemerintah daerah di bidang komunikasi, informatika dan hubungan masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya sebagai Humas Kota Bandung, Diskominfo memanfaatkan platform Instagram sebagai strategi online public relations untuk menyediakan informasi publik dan membentuk branding Kota Bandung. Instagram @humas_bandung merupakan akun resmi Diskominfo Kota Bandung yang saat ini sudah berstatus verified, bahkan sudah mendapatkan dua penghargaan, yaitu Pengelolaan Media Sosial Terbaik di Jawa Barat pada ajang Humas Jabar Award 2022 dan penghargaan Terbaik Kedua Kategori Media Sosial pada ajang Anugerah Media Humas ke-15 Tahun 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan-tahapan yang dilakukan Diskominfo Kota Bandung dengan menggunakan the circular model of SOME for media social communication dalam membagikan (share) konten, mengoptimalkan (optimize) pesan, mengelola (manage) informasi, dan melibatkan (engage) publik pada akun Instagram @humas_bandung sebagai bentuk kegiatan online public relation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan dan menguraikan secara detail mengenai suatu fenomena yang dikaji dengan teknik pengumpulan data: observasi partisipatori pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan online public relations melalui akun Instagram @humas_bandung dilakukan dengan empat tahapan: Pertama, Share (membagikan), yaitu upaya Diskominfo bergerak dalam menyebarkan konten dengan connect, participate, dan build trust. Kedua, optimize (mengoptimalkan), yaitu upaya Diskominfo memaksimalkan penyampaian pesan dengan menetapkan jadwal berdasarkan hari tematik dan menentukan isi konten. Ketiga, manage (mengelola), yaitu upaya Diskominfo mengelola infomasi yang ada dengan monitoring, quick responses, dan real-time interactions. Keempat, engage (melibatkan), yaitu upaya Diskominfo melibatkan publik dengan keikutsertaan publik dalam konten dan kolaborasi konten.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Online Public Relations; Instagram; Diskominfo Kota Bandung;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Sabila Fadhilatun Nasywa
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:52
Last Modified: 18 Sep 2023 03:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77936

Actions (login required)

View Item View Item