Pengaruh Current Ratio (CR) Dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Elnusa Tbk. periode 2012-2022

Nurhaeti, Risma (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) Dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Elnusa Tbk. periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bersumber dari salah satu perusahaan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan keuntungan yakni ROA. Hal yang dapat mempengaruhi fluktuasi ROA salah satunya yaitu CR, hal ini digunakan untuk mengukur potensi perusahaan daIam membayar kewajiban lancar dan GPM yakni untuk menunjukan tingkat keuntungan daIam persentase dan harga jual. Dengan tersedianya teori tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti CR dan GPM terhadap ROA pada PT. Elnusa, Tbk. Tujuan penelitian dari skripsi ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh CR secarai parsial terhadap ROA, GPM) secara parsial terhadap ROA, CR dan GPM secara simultan terhadap ROA pada PT. Elnusa periode 2012- 2022. Kerangka pemikiran menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara CR, GPM dan ROA. Dimana CR mempengaruhi ROA begitupun dengan GPM yang mempengaruhi ROA. ROA tidak hanya dipengaruhi oIeh variabel CR dan GPM saja, meIainkan terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi ROA yang tidak di teIiti dalam peneIitian perusahaan ini.. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Elnusa Tbk. periode 2012-2022. Analisis data yang dipergunakan menggunakan analisis asumsi klasik, dan metode deskriptif. Analisis regresi berupa regresi sederhana dan regresi berganda, analisis hubungan (korelasi), analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis uji t, uji f. Pengolahan data memakai SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CR secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan koefesien determinasi sebesar 3,6%, dan Thitung<Ttabel yakni sebesar 0,10807<0,225. Kemudian, secara parsial GPM berpengaruh signifikan yakni koefesien determinasi sebesar 74,8%, dan Thitung>Ttabel yakni sebesar 5,166>0,225. Pada hal yang sama CR dan GPM secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap ROA yakni Fhitung>Ftabel yakni sebesar 12,176>4,26. dan koefesien determinasi sebesar 75,3% dan sisanya sebesar 24,7% merupakan presentase yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Gross Profit Margin (GPM); Return On Assets (ROA)
Subjects: Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Risma Nurhaeti
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:41
Last Modified: 18 Sep 2023 04:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77947

Actions (login required)

View Item View Item