Pengaruh Audit Delay dan Fee Audit terhadap kualitas Audit pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2022

Insani, Serda Mulyasa (2023) Pengaruh Audit Delay dan Fee Audit terhadap kualitas Audit pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan hasil yang dilakukan oleh penelitian sebelumnya. Kualitas audit yang baik dapat menyebabkan laporan keuangan semakin dipercaya keasliannya. Kualitas audit tergantung pada independensi dan kompetensi auditor. Independensi dan Kompetensi seorang auditor bergantung pada pengalaman maupun sikap skeptis yang dimilikinya. Pengalaman auditor akan meningkat dikarenakan telah terbiasa dengan pekerjaannya, ehingga auditor akan bekerja secara efisien dan lebih tahan terhadap tekanan klien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui serta menganalisis 1) pengaruh audit delay secara parsial terhadap kualitas audit, 2) pengaruh fee audit secara parsial terhadap kualitas audit, 3) pengaruh audit delay dan fee audit secara simultan terhadap kualitas audit pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2022. Audit delay adalah rentang waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan dan membuat laporan audit yang dihitung sejak akhir tahun tutup buku perusahaan sampai dengan tanggal laporan audit diterbitkan. Fee audit merupakan honorarium yang dibebankan oleh akuntan publik kepada perusahaan auditee atas jasa audit yang dilakukan akuntan publik terhadap laporan keuangan. Kualitas audit dapat diartikan sebagai bagus tidaknya suatu pemeriksaan yang telah dilakukan oleh auditor. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder, yakni laporan keuangan tahunan yang telah diaudit dari perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) dalam rentang waktu 2018 hingga 2022. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil penelitian mengindentifikasikan bahwa 1) nilai signifikansi audit delay sebesar 0.839 sehingga audit delay secara parsial tidak berpengaruh terhadap kualitas, 2) nilai signifikansi fee audit sebesar 0.629 sehingga fee audit secara parsial tidak berpengaruh terhadap kualitas, 3) nilai signifikansi audit delay dan fee audit sebesar 0.870 sehingga secara simultan tidak berpengaruh terhadap kualitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Audit Delay; Fee Audit; Kualitas Audit.
Subjects: Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Serda Mulyasa Insani
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:03
Last Modified: 18 Sep 2023 04:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77980

Actions (login required)

View Item View Item