Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) menggunakan media 3d Pop up book terhadap keterampilan memecahkan masalah siswa materi sistem imun

Nafisah, Ghaisha Hanna (2023) Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) menggunakan media 3d Pop up book terhadap keterampilan memecahkan masalah siswa materi sistem imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Model Project based learning merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah karena memberi peluang peserta didik untuk bekerja secara mandiri dalam menyelesaikan tugasnya dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran dengan melibatkan kerja proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Menggunakan Media 3d Pop Up Book Terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Materi Sistem Imun Kelas XI . Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel yang dipilih yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas ekperimen dan XI MIPA 6 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket dan soal. Data yang diperoleh berupa nilai rata-rata pretest kelas esperimen sebesar 40 dan nilai rata-rata posttes sebesar 89 dengan nilai N-Gain diperoleh sebesar 0,82. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 40 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82 dengan kategori baik. kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,70. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan skor yang diperoleh siswa sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran menggunakan model project based learning .Dengan hasil perhitungan statistik menggunakan uji t yang menunjukan nilai t hitung 2,81 > t tabel 2,034. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek learning terhadap keterampilan memecahkan masalah siswa materi sistem imun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: sistem imun; pjbl; memecahkan masalah, pop up book
Subjects: Education, Research
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ghaisha Hanna Nafisah
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:06
Last Modified: 18 Sep 2023 05:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77992

Actions (login required)

View Item View Item