Priyanto, Adi Anggar (2013) Bimbingan shalat terhadap anak tunagrahita ringan melalui media visual. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
Abstract
Bimbingan shalat adalah Usaha pemberian bantuan kepada seseorang yang mengalami kesulitan baik lahiriah dan batiniah yang menyangkut kehidupannya dimasa kini dan masa mendatang. Akan tetapi keyataannya di SPLB Cipaganti Bandung anak-anak murid SMPLB masih ada yang tidak bisa mengerjakan shalat secara mandiri. Tentunya permasalahan tersebut karena keterbatasan anak dan latar belakang keluarga mereka berbeda sehingga butuh bimbingan agar siswa dapat mengerjakan ibadah shalat dengan baik dan benar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan shalat melalui media visual, penggunaan media bimbingan shalat, pemilihan media dalam bimbingan shalat melalui media visual, karakteristik pembimbing dalam melakukan bimbingan shalat, kondisi anak murid dalam bimbingan shalat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, metode ini digunakan untuk mengetahui gambaran sejelas-jelasnya tentang bimbingan shalat terhadap anak tunagrahita ringan melalui media visual di SPLB-C YPLB Cipaganti Bandung. Adapun lagkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan shalat terhadap anak tunagrahita ringan melalui media visual di SPLB-C YPLB Cipaganti Bandung, media yang dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. ketepatan dalam pemilihan media visual, dimana menyebabkan proses pembelajaran menjadi lancar dan materi yang disamapaikan dapat dipahami oleh siswa, adapun yang kurang efektif yaitu memfokus kan siswa dalam membimbing karena keterbatasan intelegensi yang dimiliki membutuhkan waktu pendekatan dan pengertian lebih kepada siswa agar memahami maksud dan tujuannya adanya bimbingan shalat tersebut. Melalui media dapat memberikan visual berupa gambar dalam penyampaian materi sehingga siswa antusias karena materi tersebut tidak monoton sehingga mudah dicontoh siswa dengan baik dan benar secara mandiri. Adapun faktor keberhasilannya adalah Sarana yang memadai banyaknya doantur, pemilihan media yang tepat membuat proses bimbingan tidak monoton dan dapat antusias dari siswa yang sangat menunjang terhadap kebutuhan siswa, siswa dapat berinteraksi langsung dengan pembimbing dan teman-temannya Sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan intelegensi anak yang membutuhkan waktu dalam memfokuskan dan pemahaman anak terhadap menyampaikan materi melalui media tersebut agar siswa dapat antusias dalam kegiatan bimbingan tersebut. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam bimbingan shalat terhadap anak tunagrahita ringan di SPLB-C YPLB Cipaganti Bandung cukup baik, karena pemilihan media yang dipilih sesuai dengan tujuan yang akan dicapai sehingga materi yang disampaikan dapat antusias dari siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan; shalat; media; |
Subjects: | Islam > Salat |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 08:31 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 06:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78 |
Actions (login required)
View Item |