Hubungan aktivitas siswa mengaji di Masjid dengan hasil belajar kognitif mereka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti:Penelitian terhadap siswa kelas VII di SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung

Nurelisa, Nurrelisa (2023) Hubungan aktivitas siswa mengaji di Masjid dengan hasil belajar kognitif mereka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti:Penelitian terhadap siswa kelas VII di SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa pada kelas VII di SMPN 1 Cileunyi masih ada siswa yang masih mengikuti aktivitas mengaji di masjid. Maka dari itu seharusnya hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Cileunyi pada mata pelajaran PAIBP itu tergolong tinggi, karna memperoleh tambahan ilmu pengetahuan yang materinya tidak jauh berbeda dengan materi yang diajarkan di sekolah. Namun pada kenyataannya hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Cileunyi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti masih tergolong rendah, sebagian besar siswa masih belum mencapai tujuan pembelajaran (KKTP). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas siswa mengaji di masjid. 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 3) Realitas hubungan aktivitas siswa mengaji di masjid dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini diasumsikan bahwa aktivitas siswa mengaji di masjid memiliki keterkaitan dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dari asumsi tersebut, maka hipotesis yang diajukan yaitu terdapat korelasi antara aktivitas siswa mengaji di masjid dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agana Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil sampel populasi sebanyak 89 siswa dari kelas VII SMPN 1 Cileunyi yang masih mengikuti aktivitas mengaji di masjid. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Realitias aktivitas siswa mengaji di masjid termasuk ke dalam kategori tinggi. Dengan nilai rata-rata 3,88 dan berada pada skala 3,5 – 4,5. 2) Realitias hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti termasuk ke dalam kategori baik. Dengan rata-rata 76,25 dan berada pada interval 70 – 79. 3) Realitas hubungan aktivitas siswa mengaji di masjid dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti termasuk ke dalam kategori sangat kuat atau sangat tinggi dengan nilai 0,83 yang berada pada interval 0,80 – 1,00. Pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y yaitu sebesar 68,89% dan sisanya 31,11% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari perhitungan uji korelasi, diperoleh bahwa nilai r hitung (0,83) > r tabel (0,208) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya dengan a = 5%, terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan Variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa; Mengaji; Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurelisa Nurelisa
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:11
Last Modified: 18 Sep 2023 05:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78005

Actions (login required)

View Item View Item