Peran Teras Cahaya Ilmu dalam pemberdayaan sumber daya manusia melalui kreativitas seni anak : Studi penelitian deskriptif gerakan sosial Teras Cahaya Ilmu, Vijaya Kusumah RW 10 kelurahan Palasari kecamatan Cibiru kota Bandung

Anggawijaya, Taufik (2023) Peran Teras Cahaya Ilmu dalam pemberdayaan sumber daya manusia melalui kreativitas seni anak : Studi penelitian deskriptif gerakan sosial Teras Cahaya Ilmu, Vijaya Kusumah RW 10 kelurahan Palasari kecamatan Cibiru kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover skripsi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Skripsi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi Skripsi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I Skripsi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan anak-anak tidak memiliki produktivitas yang positif baik diluar maupun didalam rumah, hampir semua kegiatan dilakukan di rumah, hal ini menyebabkan anak-anak cenderung lebih sering menggunakan gadget sebagai aktivitas sehari-hari. Penggunaan gadget yang berlebihan berdampak pada pergauluan, kreativitas, dan pola pikir anak yang memicu pada tumbuh kembangnya anak dimasa depan. Maka dari itu, dalam lingkungan RW 10 Komplek Vijaya Kusuma, Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Yayasan Teras Cahaya Ilmu telah menginisiasi gerakan sosial yang mengusung pemberdayaan sumber daya manusia melalui kreativitas seni anak. Program ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang muncul di lingkungan tersebut, dengan menekankan pada peran penting kreativitas seni anak dalam upaya pemberdayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi salah satu program Yayasan Teras Cahaya Ilmu, yaitu Program Gerakan Sosial Teras Cahaya Ilmu dalam Pemberdayaan Sumberdaya Manusia melalui Kreativitas Seni serta untuk mengetahui bentuk pelaksanaan program, hambatan dalam pelaksanaan program, dan hasil dari pelaksanaan program tersebut. Dalam mengetahui hasil dari program yang di rancang oleh Yayasan Teras Cahaya Ilmu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara,dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah pembina, ketua pelaksana program gerakan sosial, dan terakhir adalah peserta program gerakan sosial Yayasan Teras Cahaya Ilmu. Hasil penelitian yang diperoleh dari program gerakan sosial Teras Cahaya Ilmu adalah bahwa secara bentuk pelaksanaan, Yayasan Teras Cahaya Ilmu melaksanakan program gerakan sosial dalam pemberdayaan sumber daya manusia melalui kreativitas seni dikatakan sudah menjalankan program tersebut dengan baik. Secara hambatan, meskipun terdapat kesuksesan dalam beberapa aspek, Yayasan mengakui kekurangan yang perlu diperbaiki yaitu perihal kekurangan penyediaan dana untuk logistik dalam pelaksanaan programnya. Kesadaran ini menjadi dasar untuk merumuskan rencana masa depan guna meningkatkan kualitas dan dampak program-program yang akan datang. Secara hasil akhir yang di dapat oleh peneliti dalam pelaksanaan program gerakan sosial Yayasan Teras Cahaya Ilmu, yayasan berhasil memfasilitasi pemberdayaan peserta dalam mengembangkan kreativitas seni mereka dan mengatasi kendala yang mungkin ada dalam lingkungan pribadi mereka. Program ini memberikan pemahaman baru tentang pentingnya dukungan lingkungan dalam mengembangkan potensi kreatif anak-anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemberdayaan; Sumber Daya Manusia; Kreativitas Seni
Subjects: Knowledge
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Taufik Anggawijaya
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:48
Last Modified: 18 Sep 2023 05:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78034

Actions (login required)

View Item View Item