Aktivitas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) cabang Bandung Timur dalam bidang literasi dan sosial pada tahun 2018-2022

Maula, Siti Solihatun (2023) Aktivitas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) cabang Bandung Timur dalam bidang literasi dan sosial pada tahun 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-2.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy

Abstract

Muhammadiyah merupakan organisasi pembaharuan Islam yang di gagas oleh K.H. Ahmad Dahlan memiliki tujuan dakwah amar ma‟ruf nahi mungkar dengan berlandaskan kepada al Qur an dan Hadis. Muhammadiyah memiliki tujuh organisasi otonom, salah satunya organisasi mahasiswa yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang bergerak dalam bidang keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan dengan berasaskan pancasila. Dalam mencapai trilogi ikatan IMM Bandung Timur berbeda dengan IMM cabang yang lain, memiliki ciri khas yang menekankan dalam bidang intelektual khusus nya literasi juga memiliki program unggulan yaitu Forum Diskusi Djati (FDD), dan berhasil memiliki prestasi yang telah dicapai oleh kader. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti topik tersebut karena belum ada yang membahas sebelumnya. Maka dari penjelasan di atas memiliki tujuan untuk mengetahui sejarah berdirinya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Bandung Timur, dan untuk menjelaskan aktivitas yang dilaksanakan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Bandung Timur dalam bidang literasi dan sosial pada tahun 2018-2022. Penulis dalam penelitian menggunakan metode sejarah, yaitu heuristik adalah pengumpulan sumber, kritik itu menilai kelayakan dan keaslian sumber yang telah dikumpulkan, interpretasi atau penafsiran dari sumber yang telah dikritik, dan historiografi merupakan penulisan sejarah dari hasil penelitian yang ditulis secara jelas. Hasil penelitian dapat digambarkan bahwa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Bandung Timur telah disahkan pada tanggal 22 Desember 2018. IMM Cabang Bandung Timur memiliki kultur dalam hal literasi, aktivitas literasi yang telah dilaksanakan inilah telah berhasil memuat karya tulis dari para kader, dari situlah para kader bisa mengembangkan ilmunya yang didapat, sehingga bisa menghasilkan karyanya seperti terbitnya “Buku Episteme” pada tahun 2019, karya tulisan kader yang dimuat dalam mediamasa, adapun kader yang berhasil menerbitkan bukunya sendiri yang berjudul “Islam dari Narasi jadi Solusi” pada tahun 2022 dan terpilih sebagai salah satu tulisan dalam buku “Karsa Untuk Bangsa” pada tahun 2021. Dalam bidang sosial melakukan aktivitas dalam penggalangan dana untuk korban bencana pada tahun 2019 sampai 2022, pada tahun 2019 mengadakan cek kesehatan gratis, dan melakukan program berkurban.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Literasi; Sosial; IMM Bandung Timur
Subjects: Organization an Management of History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: s.s. maula maul maula
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:59
Last Modified: 21 Sep 2023 05:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78105

Actions (login required)

View Item View Item