Strategi komunikasi masjid dalam diseminasi konten wakaf di media sosial: Studi kasus pada akun Instagram @wakafsalman.itb

Hasani, Wildan Syahrial (2023) Strategi komunikasi masjid dalam diseminasi konten wakaf di media sosial: Studi kasus pada akun Instagram @wakafsalman.itb. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Wakaf mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, akan tetapi masih banyak orang yang belum memahami literasi tentang wakaf dan manfaatnya di kehidupan sosial. Wakaf Salman ITB merupakan salah satu lembaga wakaf yang menyebarluaskan konten wakaf dengan mempersiapkan strategi komunikasi, supaya konten wakaf yang disebar di Instagram dapat dengan mudah dipahami sehingga meningkatkan literasi masyarakat dalam berwakaf. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) bagaimana perencanaan komunikasi masjid dalam diseminasi konten wakaf yang diterapkan pada akun Instagram @wakafsalman.itb; (2) bagaimana pelaksanaan program komunikasi masjid dalam diseminasi konten wakaf yang diterapkan pada akun Instagram @wakafsalman.itb; (3) untuk mengetahui bagaimana evaluasi yang diterapkan masjid dalam diseminasi konten wakaf pada akun Instagram @wakafsalman.itb. Teori yang digunakan adalah model strategi komunikasi yang dicetus oleh Anwar Arifin yang teridiri atas tiga tahapan. Pertama, tahap perencanaan (mengenal sasaran khalayak, menyusun pesan, menentukan metode, dan pemilihan saluran). Kedua, tahap pelaksanaan yang memerlukan peranan komunikator yang baik. Ketiga, tahap evaluasi yaitu tahapan dalam menilai keberhasilan kegiatan yang telah dilaksanakan dan sebagai bahan perbaikan untuk kegiatan yang akan datang. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme yakni suatu fenomena terjadi atas kontruksi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang mengkaji kasus unik yang jarang terjadi. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, kategoris, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; 1) pada tahap perencanaan Wakaf Salman ITB menjadikan Instagram sebagai media utama penyebaran konten wakaf yang umumnya untuk seluruh khalayak dan khususnya untuk khalayak berusia 20 tahun hingga 50 tahun. Pesan yang disusun mengikuti trend yang sedang terjadi untuk menarik perhatian khalayak, lambang QR Code yang selalu ada pada setiap konten sebagai bentuk pengulangan pesan supaya khalayak berwakaf secara online; 2) Pada tahap pelaksanaan, Wakaf Salman ITB menyebarkan konten wakaf dengan legalitas resmi BWI dan memiliki SDM yang berkredibilitas pada pengetahuan dan pengalamannya; 3) Pada tahap evaluasi, Wakaf Salman ITB melihat peningkatan followers dan jumlah konten sebagai tolak ukur keberhasilan. Wakaf Salman ITB juga menyebarluaskan konten transparansi wakaf untuk meningkatkan kepercayaan khalayak, dengan total penyaluran wakaf periode Januari hingga Juni 2023 sebesar 9.8 miliar. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa strategi komunikasi masjid yang dilakukan Wakaf Salman ITB memberikan dampak yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; konten wakaf; instagram; wakaf Salman ITB
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wildan Syahrial Hasani
Date Deposited: 18 Sep 2023 10:02
Last Modified: 26 Sep 2023 08:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78117

Actions (login required)

View Item View Item