Peran Tafakur dalam menemukan makna hidup : Studi deskriptif pada mahasiswa di unit kegiatan mahasiswa Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fauziah, Lulu (2023) Peran Tafakur dalam menemukan makna hidup : Studi deskriptif pada mahasiswa di unit kegiatan mahasiswa Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya mahasiswa yang kurang percaya diri, tujuan hidupnya belum jelas dan terarah sehingga menimbulkan ketidakjelasan dan terasa hampa dalam menjalaninya. Sebagai mahasiswa yang memiliki peran iron stock, yaitu generasi penerus bangsa sehingga mahasiswa harus memantaskan diri supaya menjadi manusia tangguh, berkarakter dan bermoral untuk menjadi pemimpin dimasa yang akan datang. Sehingga mahasiswa harus menemukan apa tujua hidupnya salah satu cara untuk menemukan tujuan hidup adalah memanfaatkan potensi yang telah Allah berikan berupa akal untuk berpikir dan hati untuk merasakan salah satunya dengan tafakur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tafakur, mengetahui gambaran makna hidup, dan mengetahui peran tafakur yang bisa menjadi metode dalam menemukan makna hidup pada mahasiswa di unit kegiatan mahasiswa LDM UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Grand Theory yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel tafakur menurut Imam Al-Ghazali (2014) yang menjelaskan mengenai metode tafakur. Kemudian teori yang digunakan dalam variabel makna hidup adalah Hanna Djumhana Bastaman (2007). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer berupa wawancara semi terstruktur kepada informan sebanyak tujuh orang mahasiswa. Kemudian data sekunder diperoleh dari data tambahan berupa buku, skripsi, jurnal, dan sumber lainnya yang relevan dengan variabel yang diteliti. Teknik analisis yang digunakan merupakan teori dari Milles dan Huberman dimulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah ketujuh informan telah melakukan tafakur dengan tafakur yang paling sering dilakukan adalah tafakur diri dan juga tafakur akan kehidupan manusia. Berkaitan dengan makna hidup dari ketujuh informan, secara umum telah menemukan bahwa hidup didunia bukan hidup yang sia-sia melainkan hidup yang memiliki tujuan dan berarti, dengan potensi yang telah Allah berikan dapat dijadikan bekal untuk kehidupan yang kekal serta segala macam kegiatan yang dilakukan bernilai ibadah. Sehingga tafakur ini dapat berperan penting bagi mahasiswa untuk menemukan makna hidup, hal ini dibuktikan dengan teknik dan unsur-unsur pengembangan diri yang dilakukan oleh setiap informan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ibadah; Mahasiswa; Makna Hidup; Mengingat Allah; Tafakur
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Human Physiology > Adult Development and Maturity
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lulu Fauziah
Date Deposited: 19 Sep 2023 00:53
Last Modified: 19 Sep 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78125

Actions (login required)

View Item View Item