Pengaruh pupuk organik cair kulit pisang dan pemangkasan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Lycopersicum Esculentum Mill.) varietas Swadesi F1

Susilawati, Susilawati (2023) Pengaruh pupuk organik cair kulit pisang dan pemangkasan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Lycopersicum Esculentum Mill.) varietas Swadesi F1. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy

Abstract

Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) merupakan komoditas hortikultura yang usahanya penting untuk dikembangkan. Peningkatan produksi tanaman tomat diupayakan melalui intensifikasi dengan penggunaan benih unggul seperti varietas Swadesi F1, pemupukan dengan POC kulit pisang nangka dan pemeliharaan tanaman dengan pemangkasan tanaman tomat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi dosis POC kulit pisang dan jenis pemangkasan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat varietas swadesi F1, serta menentukan dosis optimal POC kulit pisang pada setiap taraf jenis pemangkasan tanaman tomat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak kelompok dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama yaitu POC kulit pisang = 100 ml tan-(p1), 200 ml tan-(p2), 300 ml tan-(p3), dan 400ml tan-(p4). Faktor kedua yaitu jenis pemangkasan = tanpa pemangkasan (q1), pemangkasan pucuk (q2) dan pemangkasan tunas air (q3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara dosis POC kulit pisang dengan jenis pemangkasan terhadap semua parameter pengamatan. Tidak ada kombinasi taraf perlakuan yang dapat memberikan pengaruh optimal pada semua parameter pengamatan. Pemberian POC kulit pisang dengan dosis 400 ml tan- memberikan hasil optimal terhadap berat brangkasan basah dan berat brangkasan kering dan dosis 100 ml tan- memberikan hasil optimal terhadap indeks panen tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) varietas Swadesi F1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tomat varietas Swadesi F1; Pupuk Organik Cair Kulit Pisang; Pemangkasan Pucuk; Pemangkasan Tunas Air.
Subjects: Ecology > Agricultural Ecology
Farm, Farming
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Susilawati Susilawati
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:11
Last Modified: 19 Sep 2023 00:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78128

Actions (login required)

View Item View Item