Strategi pelayanan prima KBIHU dalam meningkatkan kepuasan jamaah Haji dan Umroh : Studi deskriptif di KBIHU Riyadul Jannah Kec. Singaparna, Kab. Tasikmalaya

Khaliz, Muhamad Dafasani (2023) Strategi pelayanan prima KBIHU dalam meningkatkan kepuasan jamaah Haji dan Umroh : Studi deskriptif di KBIHU Riyadul Jannah Kec. Singaparna, Kab. Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Tingginya antusiasme umat Islam di Indonesia terhadap ibadah haji maupun umroh, menjadikan peluang bagi kelompok bimbingan ibadah haji dan umroh. Namun, disamping itu banyak pula kelompok bimbingan ibadah haji dan umroh yang muncul namun tidak dapat memberikan layanan terbaiknya. Oleh karena itu,suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa ini dalam menyelenggarakan haji maupun umroh tentunya harus memiliki manajemen strategi pelayanan prima yang fungsinya untuk memuaskan jamaah yang menggunakan jasa kelompok bimbingan tersebut. Hal ini dilakukan agar pelanggan merasa nyaman dan aman baik pada saat pelaksanaan ibadah haji ataupun umroh. Tujuan penelitian ini berfokus untuk mengetahui manajemen strategi pelayanan prima dalam meningkatkan kepuasan jamaah KBIHU Riyadul Jannah Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian dalam skripsi ini, yaitu konsep dari manajemen strategis yang diterapkan oleh KBIHU Riyadul Jannah. dalam meningkatkan kepuasan jamaah melalui pelayanan prima yang meliputi formulasi, implementasi, dan evaluasi. Pertama, formulasi mencakup visi dan misi, tujuan, strategi, kebijakan, serta legalitas dari KBIHU Riyadul Jannah.Kedua, proses penerapan atau implementasi dalam penyelenggaraan layanannya yang berupa fasilitas, regulasi layanan, dan penerapan prinsip pelayanan prima A3 (attitude, attention, dan action). Kemudian yang ketiga, dalam tahap akhir diperlukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana kinerja perusahaan dalam memberikan layanan terbaiknya kepada jamaah yang menggunakan jasa KBIHU Riyadul Jannah. Berdasarkan keseluruhan proses yang telah disebutkan, dapat dikatakan bahwa KBIHU Riyadul Jannah sudah menerapkan konsep strategi layanan dengan baik serta sudah mencapai target yang telah ditetapkanperusahaan mengenai standar minimal kepuasan jamaah selaku pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pelayanan; Kepuasan Pelanggan; Haji dan Umroh
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Abdul Yami YAMI
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:11
Last Modified: 18 Sep 2023 08:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78131

Actions (login required)

View Item View Item