Pengaruh Total Current Asset dan Total Current Liabilities Terhadap Total Equity pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Tembaga Mulia Semanan Tbk. periode 2012-2021

Indiani, Indiani (2023) Pengaruh Total Current Asset dan Total Current Liabilities Terhadap Total Equity pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Tembaga Mulia Semanan Tbk. periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi teori Total Equity atau total modal yang merupakan hak residual atau pemegang saham atas aset perusahaan, yang berarti bahwa hak klaim atas kekayaan perusahaan yang didapatkan setelah semua aset yang dimiliki perusahaan dikurangi dengan semua kewajiban. Total Equity terjadi karena terdapat faktor yang mempengaruhi didalamnya, salah satu faktor yang bisa mempengaruhi peningkatan serta penurunan Total Equity yaitu Total Current Asset dan Total Current Liabilities. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Current Asset secara parsial terhadap Total Equity, pengaruh Total Current Liabilities secara parsial terhadap Total Equity, dan pengaruh Total Current Asset dan Total Current Liabilities secara simultan terhadap Total Equity yang diteliti pada PT. Tembaga Mulia Semanan Tbk. periode 2012-2021. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa, apabila Total Current Asset mengalami peningkatan dan Total Current Liabilities mengalami penurunan, maka Total Equity akan mengalami peningkatan. Akan tetapi, Total Equity juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini. Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah Total Current Asset dan Total Current Liabilities sebagai varibel independen dan Total Equity sebagai variabel dependen. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder runtun waktu yaitu laporan keuangan yang telah dipublikasikan oleh PT. Tembaga Mulia Semanan Tbk. periode 2012-2021. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis desktiptif, uji asumsi klasik, uji asosiatif dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Total Current Asset tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Equity yang dibuktikan dengan nilai perbandingan thitung < ttabel yaitu sebesar (0,275 < 2,306). Secara parsial Total Current Liabilities tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Equity yang dibuktikan dengan perbandingan thitung < ttabel yaitu sebesar (-2,173 < 2,306). Secara simultan, diketahui bahwa nilai perbandingan Fhitung > Ftabel yaitu (27,391> 4,737), artinya Ho ditolak dan Ha ditolak. Hal ini berarti Total Current Asset dan Total Current Liabilities berpengaruh signifikan terhadap Total Equity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Current Asset; Total Current Liabilities; Total Equity;
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Econmics
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Indiani Indiani
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:03
Last Modified: 19 Sep 2023 01:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78154

Actions (login required)

View Item View Item