Konsep Parenting Luqman Al-Hakim : Telaah penafsiran Hasbi Ash-Shiddieqy terhadap surah Luqman ayat 12-19 dalam kitab tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur

Kartikasari, Anisa (2023) Konsep Parenting Luqman Al-Hakim : Telaah penafsiran Hasbi Ash-Shiddieqy terhadap surah Luqman ayat 12-19 dalam kitab tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Parenting merupakan sebuah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap anaknya, yang meliputi aspek social, emosional, dan spiritual. Sedangkan parenting dalam perspektif islam berarti mendidik anak dengan penuh kasih dan sayang berdasarkan tuntunan al-qur’an. Ketika proses tumbuh kembang anak, orang tua memiliki tugas yang sangat penting dalam proses parenting untuk anaknya. Sebab pendidikan awal untuk seorang anak ialah pendidikan yang dilakukan di rumah dan menjadi kewajiban untuk setiap orang tua ketika mendidik anaknya, tetapi masih banyak sekali orang tua yang keliru dalam mendidik anak-anak mereka. Semakin merosotnya nilai akhlak dan perilaku pada anak, serta kurangnya sopan santun adalah permasalahan yang dihadapi saat ini. Hal tersebut terjadi karena ada kesalahan dari parenting orangtua terhadap anaknya. Maka dari permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang parenting atau pola asuh anak dari perspektif ilmu tafsir yaitu berdasarkan tafsir al-qur’anul majid an-nur hasil karya hasbi ash-shiddieqy. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah yang dimaksud dengan konsep parenting yang ada dalam surah luqman ayat 12-19 serta bagaimanakah penafsiran hasbi ash-shiddieqy mengenai surah luqman ayat 12-19 dalam tafsir an-nur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka. Adapun analisa data ini menggunakan studi kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini menunjukan beberapa konsep parenting yang terdapat dalam surah luqman ayat 12-19 yaitu, (1) bersyukur kepada allah swt atas nikmat yang telah allah berikan, (2) tidak menyekutukan allah swt, (3) berbakti kepada orangtua, (4) segala amal akan dihisab, (5) mengerjakan yang ma’ruf dan menjauhi yang munkar, (6) tidak sombong dan membanggakan diri. Sedangkan konsep parenting menurut hasbi ash-shiddieqy pada surah luqman yang terdapat dalam kitab tafsir an-nur adalah seperti yang dicontohkan luqman al-hakim terhadap anak-anaknya. Yaitu mengajarkan ketauhidan pada anak sejak kecil, memerintahkan anaknya untuk berbakti pada orangtua, memerintahkan anaknya untuk mengerjakan sholat, menasehati anak dengan cara yang lembut, memerintahkan anak untuk tidak sombong dan berbangga diri, serta mengingatkan anak-anaknya bahwa segala amal yang diperbuat itu ada balasannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: parenting; hasbi ash-shiddieqy; an-nur
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Anisa Kartikasari
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:39
Last Modified: 19 Sep 2023 01:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78165

Actions (login required)

View Item View Item