Pelaksanaan pemberian pinjaman modal anggota pada koperasi produsen tempe tahu Indonesia (Ikopti) kabupaten Daerah Tingkat II garut

Hodijah, Eva Siti (2001) Pelaksanaan pemberian pinjaman modal anggota pada koperasi produsen tempe tahu Indonesia (Ikopti) kabupaten Daerah Tingkat II garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daptarisi.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)

Abstract

Secara mendasar koperasi mempunyai fungsi ekonomi dan sosial. Dalam kedua fungsinya tersebut koperasi menjaiankan usahanya dengan dibarengi prinsip- prinsip gotong-royong dan kekeiuargaan, seningga dalam peiaksanaan pemberian pinjaman modal anggotanya selaiu dilakukan dengan prinsip sukarela dan tidak memberatkan anggotanya dalam pemberian bunganya. Tuju'an uiama penelitian adalah untuk mengeta’nui proses peiaksanaan pemberian pinjaman pada KOPTI Kabupaten DT II Garut; untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat daiam peiaksanaan pemberian pinjaman dan untuk mengetahui tinjauan fiqn muamaiah terhadap peiaksanaan pemberian pinjaman modal anggota pada KOPTI Kabupaten DT II Garut. Penelitian ini beranjak dari pemikiran, bahwa peiaksanaan pemberian pinjaman modal anggota yang dilakukan koperasi didasarkan atas sukarela dan dapat ainyatakan bisa menyeiamatkan masing-masing pihak dari kesaiahan-kesalahandan kerugian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan sumber data primemya pengurus KOPTI Garut dan anggotanya. Sedangkan sumber data skundemya adalah bagian-bagian tertentu dari literatur yang reievan dengan masalah ini. data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperole’n data bahwa proses peiaksanaan pemberian pinjaman modal pada KOPTI Kabupaten DT II Garut dilakukan sesuai proseaur yang teiah aitetapkan oien koperasi tersebut. Faktor penunjang peiaksanaan pemberian pinjaman adalah adanya jumiah anggota, tersedianya dana pinjaman, serta bunga yang rendah. Faktor penghambatnya, yaitu masih adanya penyala'ngunaan modal oien anggota, dengan adanya musibah kebakaran pasar, dan kurangnya pengetahuan sebagian anggota tentang cara pengelolaan modal. Sedangkan ditinjau dari segi fiqh muamaiah dapat diketahui bahwa peiaksanaan pemberian pinjaman di KOPTI Kabupaten DT 11 Garut di bolehkan di daiam Islam, karena suda'n sesuai dengan prinsip-prinsip muamaiah dalam Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:09
Last Modified: 23 Nov 2023 02:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78179

Actions (login required)

View Item View Item