Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) di PT. Bank Syariah Bukopin periode 2015-2022

Putri, Dena Mega Saraswati (2023) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) di PT. Bank Syariah Bukopin periode 2015-2022. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BABI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya ketidaksesuaian antara data keuangan dengan teori yang ada. Teori menyatakan bahwa Financing Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) meningkat maka Return on Asset (ROA) pun akan meningkat begitupun sebaliknya. Data tersebut dapat dilihat pada laporan keuangan perbankan syariah yang terdaftar disebuah laporan keuangan Bank Syariah Bukopin periode 2015-2022. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh Capital Adeqauacy Ratio (CAR) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA). 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Retrun On Asset (ROA) 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Capital Adeqauacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) Secara simultan terhadap Return On Asset (ROA). Kerangka berfikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah Capital Adeqauacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh positif terhadap Return On Asset (ROA), karena jika variable masing-masing mengalami kenaikan maka Return On Asset (ROA) juga akan mengalami kenaikan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan pada periode 2015-2022 yang dipublikasi oleh PT. Bank Syariah Bukopin pada website resminya. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, serta analisis uji asosiatif. Sedangkan hipotesis pada penelitian ini diperoleh dari hasil uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial berpengaruh negatif terhadap Return On Asset (ROA) dimana koefisien determinasinya menunjukkan bahwa pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap perubahan Return On Asset (ROA) sebesar 15,2%. Kemudian Financing to Deposit Ratio (FDR) juga secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) dengan koefisien determinasinya sebesar 0%. Sedangkan secara simultan, Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) tidak berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 16%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CAR; ROA; FDR; BANK SYARIAH BUKOPIM;
Subjects: Econmics
Econmics > General Publications of Economic
Financial Economics, Finance
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dena Mega SP
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:12
Last Modified: 20 Sep 2023 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78193

Actions (login required)

View Item View Item