Analisis Sistem Informasi Akuntansi dalam menunjang efektivitas pengendalian Internal pembiayaan Murabahah pada BMT ItQan Bandung

Nugraha, Triana (2023) Analisis Sistem Informasi Akuntansi dalam menunjang efektivitas pengendalian Internal pembiayaan Murabahah pada BMT ItQan Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penyaluran pembiayaan di BMT ItQan Bandung dapat mengalami masalah dan kegagalan, seperti pembiayaan macet atau tidak terbayarkan. Penelitian ini berfokus pada sistem informasi akuntasi, efektivitas pengendalian internal pembiayaan murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan sistem informasi akuntansi pembiayaan murabahah pada BMT ItQan Bandung; mengetahui dan menganalisis efektivitas pengendalian internal pembiayaan murabahah pada BMT ItQan Bandung; mengetahui dan menganalisis penerapan sistem informasi akuntansi dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pembiayaan murabahah pada BMT ItQan Bandung. Sistem Informasi Akuntansi adalah proses indentifikasi, pengumpulan, dan penyimpanan data serta proses pengembangan, pengukuran, dan komunikasi informasi. sistem yang dapat mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan memproses data untuk menghasilkan informasi bagi para pembuat keputusan. Dengan adanya Sistem Informasi akuntansi maka bisa menunjang efektivitas pengendalian internal pembiayaan murabahah. Pengendalian internal merupakan proses dan prosedur yang dijalankan untuk menyediakan jaminan yang memadai bahwa tujuan pengendalian telah dipenuhi. Pembiayaan murabahah merupakan akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Dalam penelitian ini data diperoleh dari data primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Sistem informasi akuntasi pembiayaan murabahah sudah diterapkan oleh BMT ItQan Bandung, terutama dalam prosedur pembiayaan murabahah sudah berbasis komputer dengan menggunakan teknologi jaringan komunikasi. Efektivitas pengendalian internal pada BMT ItQan Bandung sudah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh COSO dengan indikator penengenalian internal yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, komunikasi dan informasi dan pemantauan. Sehingga pengendalian pada perusahaan sudah terlaksana secara efektif. Sistem informasi akuntansi pada BMT ItQan Bandung sudah sesuai dengan teori sistem informasi akuntansi dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pembiayaan murabahah. Namun masih belum maksimal karena SDM yang kurang kapabel dalam penerapan sistem informasi akuntansi dan masih kurangnya koordinasi diantara divisi dalam memunjang pengendalian internal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi; Efektivitas Pengendalian Internal; Pembiayaan Murabahah; BMT
Subjects: Accounting > Advanced Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Private Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Triana Nugraha
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:19
Last Modified: 19 Sep 2023 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78200

Actions (login required)

View Item View Item