Pengaruh lingkungan eskternal dalam meningkatkan Akhlak siswa : Penelitian di kelas XI SMP Negeri 1 Bojongsoang Kabupaten Bandung

Lestari, Citra Kania (2023) Pengaruh lingkungan eskternal dalam meningkatkan Akhlak siswa : Penelitian di kelas XI SMP Negeri 1 Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada ada di SMP Negeri 1 Bojongsoang, mengenai akhlak yang dialami generasi zaman sekarang terutama siswa SMP Negeri 1 Bojongsoang, Sebagian di antara dari mereka kurang menyadari akan akhlak yang diterapkan oleh mereka pada kehidupan sehari-hari di sekolah, hal ini dapat dilihat dari sikap siswa yang kurang sopan terhadap guru dan staf di lingkungan sekolah, masih ada siswa berbicara kasar, dan masih ada siswa yang merokok di luar lingkungan sekolah. Sehingga hal tersebut menarik penulis untuk mencari tahu pengaruh lingkungan esktenal dalam meningkatkan akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bagaimana keadaan lingkungan eskternal siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bojongsoang; (2) mengetahui akhlak siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bojongsoang; dan (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh lingkungan ekstenal dalam meningkatkan akhlak siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bojongsoang. Penelitian ini didasarkan pada teori yang mengatakan bahwa akhlak seseorang dipengaruhi oleh lingkungan dimana individu itu hidup, lingkungan itu adalah lingkungan keluarga,sekolah dan masyarakat. Oleh karena itu, hipotesis pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signitifikan lingkungan eksternal dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Bojongsoang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatory. Teknik pengumpulan data yang digunaka dalam penelitian ini ialah, angket dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu; uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji hipotesis statistik. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh : (1) hasil dari lingkungan eskternal siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bojongsoang termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 2,87 yang berada pada interval 2,6-3,4; (2) hasil dari akhlak siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bojongsoang termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 2,87 pada interval 2,6-3,4; dan (3) hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai nilai t hitung dalam penelitian ini adalah 2,879 dengan Sig 0,04, dan adapun t tabel di dalam penelitian ini adalah 1,997 dengan nilai Sig 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa t hitung dalam penelitian ini lebih besar dari t tabel dan sig dalam penelitian ini lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa Lingkungan Eksternal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Akhlak Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan; Siswa; Akhlak
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Citra Kania Lestari
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:51
Last Modified: 19 Sep 2023 04:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78236

Actions (login required)

View Item View Item