Peran Budaya Organisasi dalam meningkatkan kualitas pemahamamn santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Cijawura Buahbatu Kota Bandung

Handayani, Sri (2023) Peran Budaya Organisasi dalam meningkatkan kualitas pemahamamn santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Cijawura Buahbatu Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
SKRISI SRI CANTIK-1.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRISI SRI CANTIK-2-3.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
SKRISI SRI CANTIK-11-15.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
SKRISI SRI CANTIK-17-46.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
SKRISI SRI CANTIK-47-76.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
SKRISI SRI CANTIK-77-116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
SKRISI SRI CANTIK-117-119.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
SKRISI SRI CANTIK-120-122.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy

Abstract

Budaya merupakan gabungan secara mengenai asumsi, tingkah laku, cerita,mitos, dan berbagai untuk bagaimana bisa menenetukan menjadi masyarakat tertentu. Organisasi merupakan organisasi adalah suatu kelompok orang yang terikat pada waktu dan keadaan, dalam pembagian tugas, terikat pada lingkungan yang ditentukan, dan menggunakan teknologi yang telah di atur. Sehingga dapat diartikan bahwa budaya organisasi adalah nilai-nilai yang dipahami bersama oleh seluruh anggota organisasi, yang sengaja disosialisasikan serta dapat terimplementasi pada prilaku dan sikap sikap masing masing individu dalam berorganisasi. Seperti halnya dengan pondok pesantren Cijawura Buahbatu Kota Bandung. pondok pesantren Cijawura Buahbatu Kota Bandung telah menetapkan dua kurikulum yang berbeda baik dari kurikulum pemerintah yang bersifat baku, dan kurikulum dari pesantren salafiyyah yang perubahannya bisa mengikuti perkembangan zaman. Dalam pembelajaran disekolah tentunya tidak lepas dari suatu kelemahan yang akan mengimbas pada bagaimana Budaya Organisasi dipondok Pesantren Cijawura seperti bagaimana siswa yang sering datang terlambat saat disekolah, siswa yang kurang fokus dalam pembelajaran dan sering berbicara tidak sopan ketika disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran budaya organisasi dalam meningkatkan kualitas pemahaman santri di pondok pesantren Cijawura Buahbatu kota Bandung. Teori yang digunakan adalah teori Duha yang mana mengungkapkan bahwa unsur unsur pembentukan budaya organisasi dalam memfasilitasi kualitas santri terbagi menjadi 3 bagian penting, lingkungan, nilai-nilai, jaringan komunikasi. Dan juga menggunakan teori Robbins yang didasarkan pada kualitas kerja, kuantitas kerja, evektivitas, dan komitmen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dibutuhkan di pondok pesantren Cijawura Buaahbatu Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukan peran budaya organisasi dalam meningkatkan kualitas pemahaman santri meliputi, unsur-unsur budaya organisasi, seperti kondisi lingkungannya, nilai slogannya, dan jaringan komunikasinya. Kedua, karakteristik budaya organisasi seperti inovasi, stabilitas, orientasi pada orang, orientasi pada hasil, perhatian pada hal kecil, dan orientasi kolaborasi. Ketiga fungsi Budaya organisasi seperti memberi anggota identitas organisasi, memfasilitasi komitmen kolektif, meningkatkan stabilitas, dan membentuk prilkau organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi; Pondok Pesantren
Subjects: Organization an Management of History
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Sri Handayani
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:35
Last Modified: 19 Sep 2023 01:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78264

Actions (login required)

View Item View Item