Kemampuan hafalan al-Qur'an dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran matematika

Sintiawati, Elin (2023) Kemampuan hafalan al-Qur'an dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak 1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text (BAB II`)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy

Abstract

Menghafal Al-Quran merupakan tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dan mulia, setiap orang bisa menghafal akan tetapi tidak semua orang bisa menghafal dengan baik. Penelitian ini membahas tentang hubungan kemampuan hafalan Al-Qur’an dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran matematika siswa di kelas V MI Ibrahim Ulul Azmi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa apakah berhubungan dengan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V MI Ibrahim Ulul Azmi Bandung. Penelitian ini didasari dengan pemikiran bahwa jika seseorang memiliki ingatan yang kuat maka hal ini tidak menutup kemungkinan seseorang tersebut juga bisa mengingat dan memahami materi pembelajaran yang telah dipelajari, hal ini membuat peneliti ingin meneliti apakah benar bahwa kemampuan Hafalan Al-Qur'an berhubungan dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran matematika. Hipotesis penelitiannya yaitu terdapat hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes lisan kemampuan hafalan Al-Qur’an dan tes tulis uraian hasil belajar matematika. Dengan tahapan analisis yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak, kemudian uji linearitas regresi guna mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, dan terakhir mencari tahu seberapa besar hubungan kemampuan hafalan Al-Quran dengan hasil belajar mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara hubungan kemampuan Hafalan Al-Qur'an dengan hasil belajar kognitif matematika sangat rendah dengan arah yang negatif dengan nilai rhitung sebesar -0,092 < rtabel sebesar 0,396. Maka dari hasil tersebut berarti Ho diterima dan Ha ditolak artinya hubungan kemampuan hafalan Al-Qur'an dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Ibrahim Ulul Azmi termasuk hubungan yang negatif dengan angka korelasi sebesar -0,092 .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an; Hafalan; Kognitif dan Matematika;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Radit Maulana maulanaudin
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:52
Last Modified: 20 Sep 2023 01:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78302

Actions (login required)

View Item View Item