Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan memahami materi Tajwid Mad Silah Mad Badal Mad Farq dan Mad Tamkin pada mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis : Penelitian quasy eksperiment pada siswa kelas VIII di MTs Plus Miftahul Khoer tahun pelajaran 2022/2023

Muhram, Dian (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan memahami materi Tajwid Mad Silah Mad Badal Mad Farq dan Mad Tamkin pada mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis : Penelitian quasy eksperiment pada siswa kelas VIII di MTs Plus Miftahul Khoer tahun pelajaran 2022/2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Berdasarkan pada studi pendahuluan yang dilakukan di MTs Plus Miftahul Khoer, proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis masih menggunakan metode konvensional sehingga kemampuan peserta didik dalam memahami materi tajwid masih berkategori cukup. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan memahami materi tajwid tersebut, diterapkanlah model pembelajaran kooperatif tipe student team achievment division (STAD). Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui realitas kemampuan memahami tajwid siswa kelas VIII di MTs Plus Miftahul Khoer sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran tajwid kelas VIII di MTs Plus Miftahul Khoer. (3) Untuk mengetahui realitas peningkatan kemampuan memamahi tajwid siswa kelas VIII di MTs Plus Miftahul Khoer setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa model pembelajaran kooperatif tipe student team achievment division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahi materi yang diajarkan, sebab dengan pembelajaran kooperatif siswa bisa bekerjasama untuk bersama-sama memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment desain nonequivalent control group. Sampel pada penelitian ini adalah 22 orang peserta didik kelas VIII A dan 22 orang peserta didik kelas VII B di MTs Plus Miftahul Khoer. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, uji hipotesis dan uji dua rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Realitas kemampuan memahami tajwid siswa kelas VIII di MTs Plus Miftahul Khoer sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada kategori cukup. Hal ini ditinjau dari hasil nilai rata-rata pre-test yang diperoleh, dengan kelas kontrol yang memperoleh nilai sebesar 74,3 dan kelas eksperimen yang memperoleh nilai sebesar 77,9. (2) Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran tajwid peserta didik kelas VIII B (kelas eksperimen) di Mts Plus Miftahul Koer dapat di kategorikan baik. Hal ini berdasarkan perolehan skor observasi pembelajaran dengan skor rata-rata yaitu 94,5%. (3) Realitas Peningkatan kemampuan memahami tajwid siswa di Mts Plus Miftahul Khoer setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD berdasarkan rata-rata indeks N-Gain kelas eksperimen adalah 0,35 atau 35%, artinya memiliki peningkatan kemampuan memahami tajwid yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Tajwid ; Al-Qur'an Hadis
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhram Dian
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:43
Last Modified: 19 Sep 2023 03:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78325

Actions (login required)

View Item View Item