Kearifan lokal dalam memelihara lingkungan : Studi deskriptif di Kampung Adat Cireundeu Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi

Andika, Rizky (2022) Kearifan lokal dalam memelihara lingkungan : Studi deskriptif di Kampung Adat Cireundeu Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)

Abstract

Permasalahan lingkungan merupakan fenomena yang ramai diperbincangkan dan terjadi karena ulah manusia yang tidak memperhatikan aspek-aspek lingkungan. Demi terciptanya lingkungan yang terjaga maka dibutuhkan suatu aturan yang dapat memotivasi manusia untuk memelihara lingkungannya salah satunya dengan kearifan lokal hal itu sangat penting bagi kita sebagai masyarakat islam. Lingkungan yang terjaga dan terlestarikan dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat islam. Kearifan lokal diharapkan mampu mendorong manusia untuk mengelola dan memelihara lingkungannya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bentuk Kearifan Lokal tentang lingkungan, proses implementasi, dan hasil dari implementasi kearifan lokal dalam memelihara lingkungan di Kampung Adat Cireundeu. Teori yang dipilih dalam penelitian ini yaitu teori Etnoekologi. Teori ini membahas tentang bagaimana kebudayaan mempengaruhi perilaku manusia terhadap lingkungannya serta didukung oleh teori-teori lingkungan dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan dan mejelaskan data-data secara menyeluruh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kearifan lokal bisa mendorong dan memotivasi masyarakat dalam upaya memelihara lingkungan, dengan berbagai proses dan dinamika yang ada. Hasilnya masyarakat berpartisipasi dan patuh terhadap kearifan lokal yang ada serta dapat merasakan manfaat dari lingkungan yang terjaga ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan hidup mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Impelementasi; Kearifan Lokal; Masyarakat Adat; Pelestarian Lingkungan; Lingkungan
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizky Rizky Andika
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:25
Last Modified: 19 Sep 2023 04:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78333

Actions (login required)

View Item View Item