Usaha Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bina Sejahtera Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya

Khoerudin, Miki (2000) Usaha Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bina Sejahtera Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)

Abstract

Koperasi merupakan suatu kerja yang berserikat baik dalam kerja maupun dalam modal. Sistem perekonomian semacam ini didalam Islam disebut Syirkah Taawuniyah. Koperasi dibina dan dikembangkan agar mampu melayani kebutuhan anggotanya dan bekerja alas dasar pri kemanusiaan bagi kesejahteraan anggotanya. KPRI Bina sejahtera didirikan untuk membantu kesejahteraan anggotanya dalam bentuk usaha simpan pinjam. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui jenis usaha yang dilakukan KPRI Bina Sejahtera, Faktor-faktor penunjang dan penghambat serta manfaat yang diperoleh dari usaha KPRI Bina Sejahtera dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bawa proses usaha yang dilakukan dalam suatu organisai perkoperasian dituntut untuk menampung segala aspirsi atau hak-hak anggota Koperasi. Hal ini dimaksudkan untuk sebuah upaya dalam meningkatkan anggota koperasi yang bersedia dan sepakat untuk bekerja sarna dengan hak dan kewajibannya sebagai anggota Koperasi. Penelitian ini dilakukan di KPRI Bina Sejahtera Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung dengan menggunakan Metode Desknptif, data yang digunakan adalah jenis data kualitatif, sumber data ini diperoleh dari pengurus KPRI Bina Sejahtera dan sumber Kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi, hasilnya dianalisis sehingga diperoleh data tentang usaha KPRI Bina Sejahtera Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Data yang didapat menunjukan bahawa modal yang ada di KPRI Bina Sejahtera diperoleh dari simpanan-simpanan anggota dan penerimaan lain yang sah, dari modal tersebut dikelola melalui kegiatan simpan pinjam. Pemberian pinjaman ini diberikan pada anggota yang sudah mencapai syarat-syarat yang ditentukan AD-ART yang adil dan merata terhadap anggota yang mengajukan pinjaman. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keberadaan KPRI Bina Sejahtera memberikan keadaan yang baik karena sangat rnembantu kebutuhan ekonomi pegawai, karyawan, dinas P dan K, KANIN yang berada dilingkungan departemen P dan K Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung yang menjadi anggota Koperasi tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Koperasi Pegawai
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:31
Last Modified: 09 Jan 2024 05:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78339

Actions (login required)

View Item View Item