Respons pertumbuhan dan hasil tanaman Kale Curly (Brassica Oleracea var. Acephala) terhadap penggunaan jarak tanam dan dosis pupuk Kascing

Zulvanissa, Althira (2023) Respons pertumbuhan dan hasil tanaman Kale Curly (Brassica Oleracea var. Acephala) terhadap penggunaan jarak tanam dan dosis pupuk Kascing. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)

Abstract

Kale curly (Brassica oleracea var. Acephala) merupakan komoditas hortikultura dengan nilai ekonomi yang tinggi dan diminati oleh kalangan menengah ke atas masyarakat Indonesia. Terjadi penurunan produksi yang mengakibatkan kurangnya kebutuhan pasar. Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kembali produksi tanaman kale dengan menggunakan jarak tanam yang berbeda dan aplikasi pupuk organik. Jarak tanam dapat berpengaruh pada penyerapan tanaman terhadap unsur hara, air, dan sinar matahari. Pupuk kascing dimanfaatkan dalam hal penyediaan unsur hara tanaman yang bersumber dari kotoran cacing tanah. Penggunaan jarak tanam untuk kale curly dapat memudahkan tanaman dalam melakukan penyerapan yang dilakukan oleh akar untuk mendapatkan unsur hara yang terkandung di dalam pupuk kascing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi penggunaan jarak tanam dan dosis pupuk kascing terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kale curly dan dapat menentukan perlakuan dengan taraf manakah yang memberikan pengaruh lebih baik terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kale curly. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama yaitu: Jarak tanam dengan 3 taraf J1 (30 x 30 cm), J2 (40 x 40 cm), dan J3 (50 x 50 cm). Faktor kedua yaitu: Dosis pupuk kascing dengan 4 taraf C0 (0g tanaman-1), C1 (75g tanaman-1), C2 (100g tanaman-1), dan C3 (125g tanaman-1). Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi antara penggunaan jarak tanam dan dosis pupuk kascing terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kale curly. Penggunaan jarak tanam 30 x 30 cm, 40 x 40 cm dan 50 x 50 cm mendapatkan hasil yang sama. Dosis pupuk kascing 125 g tanaman-1 memberikan hasil yang terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kale curly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jarak tanam; Kale curly; Pupuk kascing
Subjects: Production, Industrial Economics > Agriculture
Ecology > Agricultural Ecology
Specific Techniques of Agriculture > Harvesting
Specific Techniques of Agriculture > Fertilizers, Growth Regulator
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Althira Zulvanissa
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:11
Last Modified: 19 Sep 2023 04:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78356

Actions (login required)

View Item View Item