Peran majelis ta'lim pompes Cijawura dalam menumbuh kembangkan sikap keagamaan masyarakat di Cijawura kota Bandung tahun 1950-1995

Diani, Putri Sahwa (2023) Peran majelis ta'lim pompes Cijawura dalam menumbuh kembangkan sikap keagamaan masyarakat di Cijawura kota Bandung tahun 1950-1995. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER PUTRI SAHWA.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK PUTRI SAHWA.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI PUTRI SAHWAA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PUTRI SAHWA DIANI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II PUTRI SAHWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III PUTRI SAHWA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PUTRI SAHWA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR SUMBER)
DAFTAR PUSTAKA PUTRI SAHWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)

Abstract

Majelis Ta’lim ini berawal dari pengajian sederhana saja yang dirintis dari tahun 1950 oleh K.H.R Moch Burhan. K.H.R Moch Burhan juga yang merintis Pesantren Cijawura Margasari, Karna K.H.R. Moch Burhan memahami ilmu dasar-dasar agama setelah mendirikannya Pesantren, K.H.R. Moch Burhan juga ingin membagikan ilmunya untuk masyarakat seperti ibu-ibu ataupun bapa-bapa. Majelis Ta’lim Cijawura dilaksanakan setiap hari rabu oleh Majelis Ta’lim ibu-ibu dan kamis oleh Majelis Ta’lim bapa-bapa di pimpin oleh Hj. Siti Rukoyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran Majelis Ta’lim Cijawura dalam menumbuh kembangkan sikap keagamaan masyarakat di Cijawura kota Bandung tahun 1950-1995. Metode penelitian yang di gunakan ialah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pencarian sumber (heuristik), verifikasi sumberr (kritik), penafsiran (interpretasi) dan penulisan sejarah (historiografi). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Majelis Ta’lim sebagai wadah untuk mempelajari tentang ilmu-ilmu Agama Islam, membina dan mengarahkan kehidupan beragama umat islam, mengajarkan dan mengarahkan kejalan yang benar dengan niat mencari ridho dari Allah SWT, membentuk masyarakat yang bertaqwa. Majelis Ta’lim berperan sentral pada binaan dan juga peningkatan kualitas hidup umat Islam sesuai dengan tuntunan ajaran agama. Peran dakwahnya Majelis Ta’lim diharapkan selain dapat berperan besar dalam menanamkan nilai-nilai aqidah Islam kepada jama’ah yang di bimbingnya, juga diharapkan dapat menggugah kesadaran umat Islam. Dakwah juga berperan untuk masyarakat agar senantiasa melakukan aktifitas sesuai dari allah, Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Agama; Majelis Ta'lim; Peran Majelis Ta'lim
Subjects: Islam
Islam > Islamic History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Syahwa Diani Putri
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:57
Last Modified: 20 Sep 2023 00:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78367

Actions (login required)

View Item View Item