Strategi Bawaslu Provinsi Jawa barat dałam meningkatkan kualitas Pemilihan Umum pada kontestasi Pemilu : Studi kasus pemilihan presiden tahun 2019 di Kota Bandung

Maharani, Sephia (2023) Strategi Bawaslu Provinsi Jawa barat dałam meningkatkan kualitas Pemilihan Umum pada kontestasi Pemilu : Studi kasus pemilihan presiden tahun 2019 di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover_Sephia M.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abtrak_Sephia M.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_Sephia M.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Sephia M.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB II_Sephia M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III_Sephia M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV_Sephia M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text
BAB V Penutup_Sephia M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
Dapus_Sephia M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini dirancang karena adanya beberapa faktor yang melatar belakangi permasalahan pemilihan presiden pada Tahun 2019 di Kota Bandung. Seperti yang kita ketahui bahwasanya pada pemilihan umum beberapa pelanggaran yang seringkali terjadi seperti adanya money politik, black campaign, masalah netralitas, dan masalah lain baik administrasi, etik, maupun pelanggaran. Sehingga ini perlu menjadi fokus bersama untuk memperbaiki penyelenggaraan pemilu yang ideal dan demokratis. Teori yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah Teori David Beetham dan Kevin Boyle yang ditulis dalam Buku “Teori-Teori Demokrasi” yang ditulis oleh Dr. Muslim Mufti, M.Si terkait Demokrasi. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dimana penelitian ini dimulai dari meakukan pengumpulan data, Pemadatan Data, Menampilka Data, sserta Menarik Kesimpulan. Analisis penelitian pada pemilihan presiden Kota Bandung Tahun 2019 terdapat temuan pelanggaran sebanyak 22 pelanggaran, namun ada 13 yang dipastikan menjadi suatu pelanggaran. Bawaslu Provinsi Jawa Barat menjadi lembaga yang menjalankan fungsi pengawasan dalam pemilihan umum melakukan proses perencanaan strategi dari proses Tahapan hingga Evaluasi Pemilihan Umum untuk mendukung pemilihan presiden Tahun 2019 di Kota Bandung yang jujur dan adil. Mulai dari pola pencegahan, pengawasan, hingga pada penanganan pelanggaran. Strategi yang telah dibuat oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat telah efektif dalam meningkatkan kualitas pemilihan presiden Tahun 2019 dengan berupaya mewujudkan persamaan hak masyarakat dalam memilih juga untuk berpartisipasi dalam menjalankan fungsi pengawasan dengan pengawasan partisipatif sebagai perwujudan demokrasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengawasan; Pemilihan Umum
Subjects: Political Ethics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Sephia Maharani
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:03
Last Modified: 19 Sep 2023 06:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78381

Actions (login required)

View Item View Item