Efektivitas anggaran belanja Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayah (PIPPK) Kelurahan Kebon Kangkung Kota Bandung 2020

Salsabila, Naurah (2023) Efektivitas anggaran belanja Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayah (PIPPK) Kelurahan Kebon Kangkung Kota Bandung 2020. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Program Studi Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftarisi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Setelah adanya otonomi daerah, setiap daerah memiliki kedaulatan untuk mengendalikan daerahnya masing-masing yang disebabkan pemerintah daerah lebih mengetahui akan keperluan dan potensi pembangunan di daerah masing- masing. Pemerintahan Kota Bandung dalam merespon hal tersebut meluncurkan inovasi yang mengedepankan pembangunan lokal menuju demokratisasi, yakni, Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan. Namun dalam pelaksanaanya masih di temukan kendala, terutama dalam efektivitas penggunaan anggaran sebagaimana yang terdapat pada Kelurahan Kebon Kangkung Kecamatan Kiaracondong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Anggaran PIPPK di Kelurahan Kebon Kangkung Kecamatan Kiaracondong tahun anggaran 2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori menurut Campbell J.P (1970) dalam Mutiarin (2014), pengukuran efektivitas yang secara umum menonjol adalah: 1) Keberhasilan program; 2) Keberhasilan sasaran; 3) Kepuasan terhadap program; 4) Tingkat input dan output; 5) Pencapaian tujuan menyeluruh. Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi pustaka. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunkan model Silalahi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas anggaran program inovasi pembangunan dan pemberdayaan kewilayahan di Kelurahan Kebon Kangkung tahun 2020, sudah berjalan namun masih belum efektif. Hal ini diindikasikan oleh beberapa dimensi yang memang masih berkendala seperti pada dimensi keberhasilan sasaran, di mana PIPPK yang seharusnya menjadi stimulant bagi masyarakat untuk tergerak berpartisipasi masih cenderung kecil. Selain itu, dalam dimensi kepuasan terhadap program juga masih berkendala. Hal ini dikarena anggaran yang digunakan hanya untuk honorarium LKK saja, dan untuk kegiatan lain yang memberikan dampak baik kepada masyarakat cenderung tidak terealisasi karena kondisi pandemi meskipun demikian pada dimensi lain seperi keberhasilan program, tingkat input dan output dan pencapaian tujuan secara menyeluruh sudah cukup baik dan sedikit menerima kendala. Sehingga apabila terus dioptimalkan akan meningkatkan efektivitas anggaran PIPPK di Kelurahan Kebon Kangkung.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Program; Efektivitas; Anggaran Belanja;
Subjects: Public Finance > Public Finance in Specific Level Areas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Naurah Salsabila
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:58
Last Modified: 19 Sep 2023 06:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78397

Actions (login required)

View Item View Item