Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan cerita dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada mauatan materi Bahasa Indonesia : Penelitian tindakan kelas di kelas II MI Miftahul Falah Kota Bandung

Ajwa, Wardatul (2023) Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan cerita dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada mauatan materi Bahasa Indonesia : Penelitian tindakan kelas di kelas II MI Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ditemukan dalam studi pendahuluan di kelas II MI Miftahul Falah Kota Bandung bahwa keterampilan menulis karangan cerita siswa rendah. Hal ini terbukti dengan belum tercapainya siswa dalam menguasai kemampuan menulis karangan cerita dengan nilai masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pembelajaran tematik dengan muatan materi Bahasa Indonesia. Penyebab rendahnya keterampilan menulis karangan cerita siswa ini dikarenakan guru cenderung menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya, siswa tidak memiliki cukup kesempatan untuk mengembangkan keterampilan menulis cerita dalam muatan materi Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterampilan siswa dalam menulis karangan cerita pada muatan materi Bahasa Indonesia sebelum menggunakan model pembelajaran Picture and Picture, (2) proses pembelajaran menulis karangan cerita pada muatan materi Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture, (3) keterampilan siswa dalam menulis karangan cerita pada muatan materi Bahasa Indonesia setelah menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Kerangka berpikir dalam penelitain ini adalah pada kemampuan menulis cerita siswa yang masih rendah dan etelah menerapkan model pembelajaran Picture and Picture, terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam menulis cerita yang dibuktikan dari peningkatan keterampilan menulis pada setiap tindakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua tindakan, dan setiap tindakan memiliki empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas II MI Miftahul Falah Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi unjuk kerja berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pra siklus proses pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Picture and Picture rata-rata nilai siswa 47,13 dengan ketuntasan belajar klasikal 16,6%. Pada siklus I tindakan I memperoleh nilai rata-rata 56,67 dengan ketuntasan belajar klasikal 25%. Pada siklus I tindakan II memperoleh nilai rata-rata 67,96 dengan ketuntasan belajar klasikal 41,6%. Pada siklus II tindakan I memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,91 dengan ketuntasan belajar klasikal 70,8%. Pada siklus II tindakan II memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,29 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Penelitian selesai jika ketuntasan belajar mencapai 85% atau lebih, maka seluruh siswa dinyatakan tuntas dalam belajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan cerita pada siswa kelas II MI Miftahul Falah Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Picture and Picture; keterampilan menulis karangan cerita; muatan materi Bahasa Indonesia
Subjects: Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wardatul A Wardatul Ajwa
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:13
Last Modified: 20 Sep 2023 02:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78400

Actions (login required)

View Item View Item