Pemberitaan kekerasan seksual media daring : Analisis wacana kritis pemberitaan kejahatan seksual kasus Ustadz Herry Wirawan pada Pikiranrakyat.com edisi desember 2021

Thalita, Laudza Winata (2023) Pemberitaan kekerasan seksual media daring : Analisis wacana kritis pemberitaan kejahatan seksual kasus Ustadz Herry Wirawan pada Pikiranrakyat.com edisi desember 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Kekerasan seksual merupakan isu yang serius dan kompleks yang sering kali terjadi di dalam masyarakat. Dalam era digital saat ini, media daring (online) telah menjadi salah satu sumber utama informasi bagi masyarakat. Namun, perlu diperhatikan bagaimana media daring melaporkan kekerasan seksual, karena pemberitaan yang tidak tepat dapat mempengaruhi persepsi dan sikap masyarakat terhadap isu ini. Banyak terjadi pemberitaan mengenaik kekerasan seksual menjadikan perempuan korban untuk kedua kalinya, salah satu faktornya adalah bisnis media. Tujuan dari penelitian kali ini adalah untuk mengetahui jawaban dari rumusan masalah diatas yang tentunya masalah-masalah di sekitar yang sering muncul terkait dengan perempuan. Posisi subjek-objek dalam Pemberitaan Ustadz Herry Wirawan Pikiran Rakyat Edisi Desember 2021.Posisi pembaca dalam Pemberitaan Ustadz Herry Wirawan Pikiran Rakyat Edisi Desember 2021. Analisis Wacana Kritis Sara Mills berfokus pada struktur bahasa dan menjelaskan bagaimana hal itu memengaruhi makna audiens. Dalam analisis ini, Sara Mills mengkaji bagaimana posisi aktor muncul dalam teks. Maksudnya adalah posisi ini yang berarti siapa yang menjadi subjek penceritaan dan siapa yang ditampilkan sebagai objek penceritaan, yang kemudian akan menentukan struktur teks dan bagaimana makna diperlakukan dalam teks secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis wacana kritis yang melibatkan pengumpulan data berupa artikel-artikel yang terkait dengan kasus kejahatan seksual Ustadz Herry Wirawan. Data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan mengidentifikasi dan menganalisis unsur-unsur wacana yang muncul dalam pemberitaan tersebut. Hasil penelitian menunjukan posisi subjek dan objek, dalam pemberitaan pada media PikiranRakyat.com perempuan atau korban cenderung diposisikan menjadi objek berita. Perempuan juga cenderung di marjinalkan. Sedangkan, subjek cenderung diposisikan dalam perspektif laki-laki seutuhnya ataupun melihat sisi kepentingan lainnya. Posisi Penulis dan Pembaca, dalam pemberitaan pada media PikiranRakyat.com menunjukan bahwa bahwa jurnalis media PikiranRakyat.com cenderung menampilkan keberpihakannya kepada subjek atas kepentingan yang dimiliki. Selain itu, pembaca memposisikan dirinya sebagai perempuan. Dan pemaknaan atau penafsirannya lebih kepada pemaknaan yang bersifat negative kepada objek terutama perempuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pe mberit aan; Kekerasan Seksual; Media Online; Pemberitaan Kekerasan Seksual; PikiranRakyat.com.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Thalila Laudza Winata
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:21
Last Modified: 20 Sep 2023 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78431

Actions (login required)

View Item View Item