Penerapan metode As-Surasmaniyyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ibrahim Ulul Azmi

Robiatul Adawiah, Wina (2023) Penerapan metode As-Surasmaniyyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ibrahim Ulul Azmi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan berdasarkan studi pendahuluan dalam proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, ketika siswa membaca Al-Qur’an ditemukan sebuah fakta bahwa masih banyak siswa yang tidak memenuhi indikator kemampuan membaca Al-Qur’an sehingga siswa belum mencapai KKM yang telah sekolah tetapkan dengan nilai sebesar 78 dan termasuk kategori kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum menggunakan metode As-Surasmaniyyah. 2) Proses penerapan metode As-Surasmaniyyah pada setiap siklus. 3) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa setelah seluuruh siklus dilaksanakan dengan menggunakan metode As-Surasmaniyyah. 4) Kemampuan membaca AL-Qur’an siswa setelah seluruh siklus dilaksanakan menggunakan metode As-Surasmaniyyah. Metode As-Surasmaniyyah ini memiliki keunggulan yakni bacaan atau ayat-ayat yang menjai contoh dalam setiap penggalan merupakan ayat-ayat yang benar-benar berasal dari ayat Al-Qur’an, bukan kalimat bahasa Arab yang lebih umum, sehingga memudahkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, dan tes unjuk kerja. Objek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi yang berjumlah 23 Siswa. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada tahap pra siklus sebelum diterapkannya metode As-Surasmaniyyah memperoleh ketuntasan klasikal 22% dengan kategori kurang. Adapun gambaran proses pembelajaran dengan penerapan metode As-Surasmaniyyah dilihat dari aktivitas guru dan siswa, aktivitas siswa pada siklus I mencapai 65% dengan kategori baik, kemudiaan meningkat pada siklus II mencapai 79% dan pada siklus III mencapai 89%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I mencapai 78%, pada siklus II mencapai 91% dan pada siklus III mencapai 95% dengan kategori sanga baik. Sementara itu hasil kemampuan membaca AL-Qur’an siswa setelah menggunakan metode As-Surasmaniyyah pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal 22% termasuk kategori kurang, pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 67 dan ketuntasan klasikal sebesar 52% dengan kategori Cukup dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 80 dengan perolehan ketuntasan klasikal sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan ketuntasan klasikal secara keseluruhan penelitian ini sudah mencapai ≥75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM yakni sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa setelah diterapkannya metode Assurasmaniyyah pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode As-SUrasmaniyyah; Kemampuan Membaca Al-QUr'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Robiatul Adawiah Wina
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:47
Last Modified: 20 Sep 2023 01:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78444

Actions (login required)

View Item View Item