Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Quick On The Draw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA

Apriliyani, Fitri (2023) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Quick On The Draw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh penulis dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV MI Bahrul Ulum Kab. Garut. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya persentase hasil belajar siswa yang dilakukan dengan memberikan test kepada siswa. Dari 25 siswa hanya ada satu siswa saja yang tuntas, yakni dengan perolehan skor 82,5. Maka dari itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Quick on The Draw (QoD). Tujuan dari penelitian yang akan dilakukan ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Quick on The Draw (QoD) dan bagaimana penerapannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut Kemmis & Mc Taggart. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa serta penilaian hasil belajar dengan jenis soal uraian dan jawaban singkat. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Quick on The Draw (QoD) berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa pada tiap siklusnya. Peningkatan yang dialami tersebut didapatkan melalui hasil tes belajar kognitif siswa pada setiap tindakan. Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I tindakan I persentase hasil belajar klasikal ada pada angka 36% sedangkan pada siklus I tindakan II persentase hasil belajar klasikal meningkat menjadi 56%. Pada siklus II tindakan I persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa meningkat menjadi 84% sedangkan pada siklus II tindakan II meningkat menjadi 92% . Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Quick on The Draw (QoD).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning; quick on the draw; hasil belajar kognitif;
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Apriliyani
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:49
Last Modified: 20 Sep 2023 01:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78453

Actions (login required)

View Item View Item