Pengaruh Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), dan Retun On Investment (ROI) pada perusahaan Konstruksi BUMN yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2012-2021

Putri, Sonia Dwi (2023) Pengaruh Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), dan Retun On Investment (ROI) pada perusahaan Konstruksi BUMN yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan perusahaan untuk meningkatkan keuntungan. Perusahaan yang mampu mengeola sumber daya yang dimiiki secara efektif serta efisien akan mampu menghasilkan laba yang tinggi dan maksimal untuk memenuhi kebutuhan operasioanl perusahaannya. Indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan adalah profitabilitas. Return On Investment merupakan salah satu cara untuk mengukur profitabilitas perusahaan. Rasio likuiditas merupakan salah satu variabel yang dapat berdampak pada profitabilitas perusahaan. Ada beberapa rasio dalam rasio likuiditas salah satunya Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Return On Investment, pengaruh Net Profit Margin secara parsial terhadap Return On Investment, serta mengetahui pengaruh Current Ratio dan Net Profit Margin secara simultan terhadap Return On Investment pada Perusahaan Konstruksi BUMN yang Tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2012-2021. Kerangka pemikiran pada penelitian ini yaitu Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif terhadap Return On Investment (ROI). Dimana apabila kedua variabel tersebut mengalami kenaikan, maka dapat meningkatkan Return On Investment (ROI). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder dengan menggunakan teknik purpose sampling sebanyak 6 perusahaan konstruksi BUMN yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel diantaranya Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Data Panel dan Analisis Uji Hipotesis (uji t dan uji F) menggunakan software EViews versi 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Current Ratio secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Return On Investment, dengan nilai koefisien determinan parsial sebesar 0.224170. 2) Net Profit Margin secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Investment, dengan nilai koefisien determinan parsial sebesar 0.281800. 3) Current Ratio dan Net Profit Margin secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Investment, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.442754 atau 44,27%. Hal ini terjadi kesesuaian dengan akad yang termasuk Qardh dan Mudharabah pada Manajemen Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Net Profit Margin (NPM); Return On Investment (ROI)
Subjects: General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Sonia Dwi Putri
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:21
Last Modified: 20 Sep 2023 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78473

Actions (login required)

View Item View Item