Perencanaan program Mubalighin pesantren Tunanetra dalam meningkatkan kader Dai : Studi deskripstif pada pesantren Tafidz Quran Tunanetra Sam'an Darushur Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Fadilah, Siti (2023) Perencanaan program Mubalighin pesantren Tunanetra dalam meningkatkan kader Dai : Studi deskripstif pada pesantren Tafidz Quran Tunanetra Sam'an Darushur Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam pembentukan kader-kader dai yang berkualitas. Pesantren juga memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga serta meningkatkan kualitas santri yang akan menjadi penerus agama dan masyarakat. Dimana pesantren mempersiapkan kader dai yang mampu berinteraksi dengan masyarakat dan berperan aktif dalam kegiatan dakwah ditengah fenomena sosial yang terus berkembang dengan menerapkan program pengkaderan dai. Maka pondok pesantren dianggap perlu menerapkan fungsi manajemen yang sangat penting yaitu perencanaan program yang mana di dalamnya terdapat beberapa tahap seperti peramalan, penetapan tujuan, penjadwalan, dan penganggaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan program mubalighin dalam meningkatkan kader dai oleh Pesantren Tahfidz Quran Tunanetra Sam’an Darushudur Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan menurut Louis A. Allen bahwa suatu perencanaan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam menentukan terlebih dahulu suatu cara bertindak, membayangkan dan menganalisis, mempertimbangkan alternatif serta mengambil keputusan-keputusan yang baik yang telah dipertimbangakan. Adapun kegiatan-kegiatan dalam fungsi perencanaan yang mencakup peramalan (Forecasting), penetapan tujuan (Establishing objectives), penjadwalan (Scheduling) dan penganggaran (Budgeting). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuaitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan informan dan mengambil beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan keperluan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tahapan peramalan yang dilakukan Pesantren Tahfidz Quran TunanetraSam’an Darushudur adalah menggunakan teknik personal insight dengan melakukan diskusi mengenai kebutuhan kader dai degan tujuan menciptakan kader dai yang berkualitas; (2) penetapan tujuan yang dilakukan dengan cara musyawarah antar pengurus dengan pimpinan; (3) penjadwalan program program mualighin dikelompokkan berdasarkan kegiatan bulanan, mingguan dan harian; (4) Anggaran yang didapatkan oleh Pesantren Tahfidz Quran Sam’an Darushudur berasal dari program donasi Oang Tuan Asuh Santri (ORTAS).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Program Mubalighin; Pesantren.
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: siti fadilah
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:55
Last Modified: 20 Sep 2023 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78476

Actions (login required)

View Item View Item