Hubungan kompetensi kepribadian dan sosial tenaga tata usaha dengan kualitas layanan administrasi : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang

Ramadhani, Annisa Salsa (2023) Hubungan kompetensi kepribadian dan sosial tenaga tata usaha dengan kualitas layanan administrasi : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB lll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Tata usaha madrasah menjadi ujung tombak pelayanan jasa pendidikan suatu lembaga, yaitu sebagai badan administrasi madrasah yang secara langsung menangani pelayanan di dalam internal maupun eksternal madrasah. Penyelenggaraan pendidikan akan berjalan lancar jika didukung oleh tenaga tata usaha yang efisien dan efektif. Sehingga sangat penting agar tenaga tata usaha perlu memiliki kompetensi yang dapat mendukung kinerjanya untuk dapat melakukan tugasnya dalam pelayanan administrasi madrasah. Adanya kompetensi seperti kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang baik pada seorang tenaga tata usaha akan berdampak baik pula pada kualitas layanan administrasi yang ia lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian tenaga tata usaha, untuk mengetahui kompetensi sosial tenaga tata usaha, untuk mengetahui kualitas layanan administrasi, untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian tenaga tata usaha dengan kualitas layanan administrasi di MAN se-Kabupaten Sumedang, untuk mengetahui hubungan kompetensi sosial tenaga tata usaha dengan kualitas layanan administrasi di MAN se-Kabupaten Sumedang, untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian dan sosial tenaga tata usaha dengan kualitas layanan administrasi di MAN se-Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi yang dilakukan terhadap 30 tenaga tata usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan uji instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas kuesioner, uji analisis parsial per indikator, uji normalitas, uji linieritas, serta uji hubungan atau korelasi, uji koefisien determinasi dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, kompetensi kepribadian tenaga tata usaha memperoleh nilai rata-rata 4,21 maka dikategorikan sangat tinggi. Kompetensi sosial tenaga tata usaha memperoleh nilai rata-rata 4,14 maka dikategorikan tinggi. Kualitas layanan administrasi memperoleh hasil 4,22, maka dikategorikan sangat tinggi. Kompetensi kepribadian tenaga tata usaha mempunyai hubungan yang signifikan dengan kualitas layanan administrasi dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kompetensi sosial tenaga tata usaha mempunyai hubungan yang signifikan dengan kualitas layanan administrasi dengan taaraf signifikansi signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kompetensi kepribadian dan sosial tenaga tata usaha mempunyai hubungan yang signifikan dengan kualitas layanan administrasi dengan nilai R square sebesar 0,546, dengan nilai fhitung 5.791 > ftabel 3,35. artinya pada variabel X1 dan X2 secara simultan memiliki pengaruh terhadap variabel Y sebesar 54,6% sisanya 45,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kinerja tata usaha, kompetensi manajerial Kepala Tata Usaha dan lain sebagainya Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kualitas Layanan Administrasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian; Kompetensi Sosial; Kualitas Layanan Administrasi
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Annisa Salsa Ramadhani
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:25
Last Modified: 25 Sep 2023 01:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78493

Actions (login required)

View Item View Item