Penerapan model pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Rahmah, Rana Rasyidah (2023) Penerapan model pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu faktor kognitif yang essensial dalam pembelajaran matematika dan proses kognitif siswa dapat terbentuk jika siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Hasil studi pendahuluan berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui, (1) keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS); (2) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran AKS dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori; (3) perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran AKS dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekpositori berdasarkan kategori Pengetahuan Awal Matematis (PAM) dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah; (4) respon siswa terhadap model pembelajaran AKS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan populasi kelas VIII SMP Negeri 46 Bandung tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini diantaranya, (1) keterlaksanaan pembelajaran AKS termasuk dalam kategori baik sekali dari sisi guru maupun siswa; (2) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa kelas AKS dan siswa kelas Ekspositori; (3) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis pada pasangan kategori PAM tinggi-sedang dan pasangan kategori PAM tinggi-rendah; (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran AKS menunjukkan sikap yang positif.Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu faktor kognitif yang essensial dalam pembelajaran matematika dan proses kognitif siswa dapat terbentuk jika siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Hasil studi pendahuluan berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui, (1) keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS); (2) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran AKS dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori; (3) perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran AKS dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekpositori berdasarkan kategori Pengetahuan Awal Matematis (PAM) dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah; (4) respon siswa terhadap model pembelajaran AKS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan populasi kelas VIII SMP Negeri 46 Bandung tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini diantaranya, (1) keterlaksanaan pembelajaran AKS termasuk dalam kategori baik sekali dari sisi guru maupun siswa; (2) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa kelas AKS dan siswa kelas Ekspositori; (3) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis pada pasangan kategori PAM tinggi-sedang dan pasangan kategori PAM tinggi-rendah; (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran AKS menunjukkan sikap yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman konsep; Active Knowledge Sharing; Respon
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rana Rasyidah Rahmah
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:37
Last Modified: 20 Sep 2023 02:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78513

Actions (login required)

View Item View Item