Peran pendamping sosial dalam Program Keluarga Harapan (PKH) : Studi deskriptif di Desa Sinargalih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka

Nadia, Inda (2023) Peran pendamping sosial dalam Program Keluarga Harapan (PKH) : Studi deskriptif di Desa Sinargalih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang kompleks yang memerlukan penanganan dan program yang khusus. Dalam upaya meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan, bidang perlindungan sosial Pemerintah Indonesia mengeluarkan sebuah program yakni PKH. Fokus PKH dalam mengurangi angka kemiskinan yang terjadi di masyarakat yaitu memfokuskan pada keluarga miskin yang memiliki anak balita hingga anak sekolah SMA, ibu hamil dan menyusui serta lansia. Dalam pelaksanaannya membutuhkan seorang pendamping sosial. Karena pendamping merupakan salah satu peran yang penting dalam kesuksesan program ini sekaligus membantu para KPM PKH. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pendamping sosial dalam program Program Keluarga Harapan (PKH), tugas dan fungsi pendamping sosial, serta proses dalam pendampingannya. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teori peran menurut Biddle dan Thomas. Menurutnya dalam buku buku Edy Suhardono mengungkapkan bahwa teori peran sama seperti pembawaan “lakon” oleh seorang pelaku dalam panggung sandiwara. Sebagaimana patuhnya seorang pelaku terhadap scenario, intruksi dari sutradara, peran dari sesama pelaku, pendapat dan reaksi umum penonton, serta dipengaruhi bakat pribadi pelaku, seorang pelaku peran dalam kehidupan sosial pun mengalami hal yang hampir sama. Dapat disederhanakan bahwa peran itu sebagai penggerak terhadap posisi dari sebuah status dan apa yang harus dilakukan oleh individu dalam masyarakatnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara langsung dengan pendamping PKH dan beberapa KPM PKH dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendamping sosial dalam program PKH di Desa Sinargalih telah berhasil. Dalam penelitian ini, peran pendamping sangat memberi berpengaruh, baik itu kepada Kementerian Sosial yang mengeluarkan PKH ataupun kepada KPM PKH dalam mengatasi segala persoalan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan (PKH); peran; dan pendamping sosial.
Subjects: Social Process
Social Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Inda Nadia
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:16
Last Modified: 20 Sep 2023 06:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78515

Actions (login required)

View Item View Item